Buka Bersama


Termasuk salah satu kegiatan Al Husna Ramadhan kali ini yaitu mengadakan buka bersama dengan anggota setiap hari selasa. Nah, alhamdulillah untuk selasa kemarin, tgl 9 Ramadhan, kita juga mengadakan buka bersama, tetapi acara kali ini agak lain, karena sebelum buka, diawalli dengan pengajian oleh Ust. Irsyad Safar MA, yang baru datang dari Indonesia. Beliau adalah salah satu pendiri ma'had Ar Risalah di Padang. Pengen tau apa tausiyah dari beliau untuk kaum muslimah?!...

Diceritakan bahwa seorang suami, sebut dengan nama "Anto" sedang menghadapi sakaratul maut. dalam kondisi ini dia berwasiat kepada istrinya, sebutlah namanya "Anti" dengan berkata:"Anti, jika abang meniggal, nikahlah anti dengan temen abang, "Antu". Istrinya menjawab: "janganlah begitu bang, Anti kan masih cinta abang, lagian kenapa pula abang nyuruh anti nikah dengan Antu, padahal Antu itu musuh besar abang?!". suaminya berkata:"abang ingin si antu itu merasakan beban yang abang rasakan selama menikah dengan anti"....?!!

Maksudnya gimana euy?!.. maksud-maksud sendiri aja ya..:)

dengan cerita di atas Pas Ustadz mengawali tausiyahnya kepada para Ummahat. jangan sampai para ummahat menjadi sebab beban atau sengsaranya para suami. Justru para Ummahat, seharusnya menjadi sumber mawaddah, sakinah wa rahmah.

Allah berfirman dalam surat Ar Rum: 21 yang artinya:
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

Rasulullah bersabda: "Tiga hal termasuk kebahagiaan anak Adam: "istri solehah, rumah yang nyaman, kendaraan yang nyaman. dan tiga hal termasuk ketidak bahagiaan anak Adam: istri yang jelek (tidak sholehah), rumah yang tidak nyaman, kendaraan yang tidak nyaman" (HR. Ahmad)

dalam hadits di atas, peran istri lebih dominan, termasuuk kebahagiaan seseorang yaitu istri sholehah dan rumah yang nyaman. rumah yang nyaman bukan dinilai dari ukurannya, tapi dinilai dari penghuninya, kalo seorang istri dapat membawa sumber cinta kasih, maka niscaya rumah yang dihuni suami dan anak2nya menjadi sangat nyaman.

tausiyah yang berikutnya yaitu berkenaan dalam peranan seorang istri dalam menjauhkan keluarganya dari neraka.

Allah berfirman dalam surat At tahri:6 yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

para istri bersama dengan para suami mempunyai tanggung jawab dalam menyelamatkan keluarganya dari api neraka. maka sudah seharusnya mereka saling tolong menolong dalam ketaatan kepada Allah dalam rangka membangun suatu keluarga islami.

yang terakhir, bukan tausiyah, tapi lebih pas kalau disebut memuji. pujian tentang pengorbanan para ummahat. Para ummahat, yang dengan cinta kasihnya, mereka telah hamil, melahirkan, menyusui anak2 mereka, belum lagi masalah tatanan rumah, dan pekerjaan keRTan. para ummahat, yang sebagian mereka ada yang bekerja, ketika pulang dari kerja masih harus ngurusin rumah, nglayanin suami. padahal kalau suami pulang dari kerja, istirahat, ga bisa diganggu, minta ini itu kepada para ummahat. nah dari sinilah, pahala diberondong oleh para istri. subhanallah!!..

Nah, ini yang berhasil saya ringkaskan dari pertemuan pengajian bersama beliau, mudah2n bisa menambah semangat para ummahat untuk lebih menjadi pribadi dan istri2 yang sholihah. amin.

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com