Hidup Rukun Dengan Ibu Mertua


Dalam pernikahan , interaksi yang terjadi bukanlah sekedar interaksi antara suami dan istri saja, tetapi interaksi yang melibatkan semua anggota dari dua keluarga. Perbedaan prinsip, ilmu, cara pandang dan latar belakang sering menimbulkan permasalahan. Diantara sejumlah permasalahan yang sering timbul adalah persoalan antara istri dan mertua.
Dr. Mohammad al Qadhi adalah seorang penulis yang sering menangani permasalahan dalam keluarga. Beliau telah menuliskan berbagai hal yang berkaitan dengan permasalahan dalam keluarga berdasarkan pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul “Hidup Rukun Dengan Ibu Mertua”
Di dalam buku ini beliau menulis berbagi hal yang se-ring menjadi pemicu ketidakharmonisan hubungan dalam keluarga dari berbagai pihak, dan sekaligus beliau memberikan solusinya yang lebih didasarkan pada aturan-atuiran suci dari Allah SWT dan contoh dari Rasulullah Saw, yang tentunya akan lebih bisa diterima oleh setiap orang yang mengaku dirinya muslim.
Meskipun dengan judul di atas bukan berarti buku ini hanya membahas hubungan antara istri dan ibu mertua saja, tetapi juga hubungan antara suami dengan istri, istri dengan saudara ipar, karena hubungan-hubungan tersebut pun bisa menjadi salah satu penyebab permasalahan dalam keluarga.
Di sini juga ditulis kisah nyata dan kisah teladan yang bisa kita ambil hikmahnya. Dan juga tips-tips yang bisa kita coba agar kita bisa menjadi menantu kesayangan dalam keluarga besar pasangan kita. Ketidakpandaian suami atau istri dalam menempatkan diri bisa jadi penyebab kedurhakaan terhadap orang tua yang bisa berujung ke neraka.(Naudzubillah min dzalik)
Bagi akhwat yang akan menuju jenjang pernikahan, dan juga para istri yang ingin memberikan yang terbaik kepada pasangannya, banyak nasihat yang bisa kita dapatkan di sini. Begitu juga para ummahat bisa membekali anak-anak gadisnya sebagaimana kaum salaf membekali gadis-gadisnya dengan nasihat saat mereka menuju jenjang pernikahan.
Buku ini adalah salah satu buku rujukan yang bagus bagi kita kaum wanita, karena dalam perkembangannya wanita akan menduduki perannya sebagai istri, menantu, ibu, saudara ipar dan juga sebagai ibu mertua nantinya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Judul : Hidup Rukun dengan Ibu Mertua . Judul Asli : Kaifa Takhsibina Hamataki, Penulis: Muhammad Al-Qadhi , Penerbit : Aqwam, 152 hlalaman .
Tersedia di Perpustakaan Alhusna
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com