Tips-tips Persiapan Bersafar


Membayangkan cuti panjang, pulang ke tanah air atau berlibur keluar Kuwait sangat menyenangkan. Tapi …..membayangkan persiapannya duh..pusing deh!
Disini kami berbagi tips-tips yang dapat membantu pembaca semua dalam mempersiapkan perjalanan :
1. Rencanakan jauh-jauh hari, agar kita punya banyak waktu untuk mempersiapkannya.
2. Catat semua kebutuhan anda selama perjalanan dan liburan. Dari surat-surat penting, oleh-oleh, maupun keperluan anda selama perjalanan dan liburan, seperti pakaian, mobile, charger dll. Letakkan catatan di tempat yang mudah dilihat sehingga kita selalu ingat dan mudah menambah kalau ada yang kurang.
3. Catat rencana kegiatan anda selama liburan, sehingga waktu lebih efektif.
4. Rencanakan juga biaya perjalanan dan liburan, agar kita bisa mengatur keuangan kita. Termasuk juga uang untuk kebutuhan kita setelah pulang dari liburan.
5. Cek masa berlaku dan kelengkapan dokumen penting anda, seperti tiket, paspor, iqomah , exit permit (surat ijin keluar) bagi yang bekerja di kementrian kuwait.
6. Titipkan dokumen-dokumen penting anda yang tidak diperlukan selama bepergian kepada teman anda.
7. Persiapkan barang bawaan anda secara bertahap dan pisahkan barang yang anda butuhkan dalam perjalanan.
8. Bagi anda yang membawa anak kecil, persiapkan kebutuhan mereka dengan baik seperti susu, makanan kecil, diapers, dan pakaian ganti.
9. Kontrol makan dan minum kita selama perjalanan agar tidak repot berkali-kali ke kamar mandi.
10. Bawa peralatan yang bisa mengusir kebosanan, terutama bagi anak-anak, seperti buku gambar, buku cerita, game, dan mainan yang disukai.
11. Bawa obat-obatan dan alat P3K secukupnya, seperti obat panas, obat anti muntah, obat sakit perut, plaster dll.
12. Di jaman sekarang handphone adalah kebutuhan penting, maka jangan lupa persiapan baterai dan pulsa  telepon anda
13. Jaga stamina anda dalam perjalanan, tidur dan istirahatkan fisik dan pikiran anda walau sejenak.
14. Bagi yang bepergian lewat udara dan banyak tempat transit, bawa seminimal mungkin hand carry untuk menghindari lamanya check in di airport transit. Apalagi yang bawa 4 anak pasti sibuk dengan anak plus bawaan.
15. Dan satu lagi, jangan lupa doa musafir adaah doa yang makbul, maka jangan lupa lengkapi agenda perjalanan anda dengan buku-buku doa selama bersafar, isi dengan dzikir dan isi waktu luang anda dengan membaca Al qur’an. Dan selama liburan agendakan silaturahmi dengan saudara dan tetangga dan sisihkan rejeki kita untuk bersodaqoh buat mereka.
Semoga perjalanan anda semua dimudahkan oleh Allah dan menghasilkan pahala yang berlimpah.  (Ummu Hana)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com