Untuk Apa Berpuasa Scientific Fasting


Buku yang ditulis oleh seorang Sarjana Nuklir tapi beliau akrab dengan dunia filsafat karena tertempa didikan sang ayah yang seorang Syekh.
Dari awal penulis sudah membahas secara sederhana tentang kehidupan dan perubahan gaya hidup yang nantinya sangat berperan bagi kesehatan tubuh manusia.

Dalam buku ini juga dikupas secara ilmiah mengapa berbagai macam penyakit modern bermunculan seiring dengan perubahan gaya hidup yang terjadi, berbagai macam pengobatan dan cara penyembuhan yang ditunjang oleh berbagai penelitian dan percobaan yang dilakukan oleh penulis sendiri diungkap secara jelas.

Semua hal tersebut dengan mudah menggiring pemahaman pembaca hingga mengerti betul akan perlunya berpuasa.  Dipaparkan oleh penulis bahwa orang yang makan berlebihan bisa menyebabkan masalah bagi proses pencernaan, yang akibatnya bisa mendatangkan penyakit modern seperti asam urat, kolesterol, diabetes, stroke, kanker dan gangguan jantung . Untuk memulihkan kondisi tubuh yang terlanjur memburuk akibat pola makan dan pola hidup yang jelek, maka tubuh perlu diberi kesempatan untuk menyusun  keseimbangan sistem didalam tubuh. Nah dalam konteks ini puasa memberi kesempatan beristirahatnya system pencernaan dan  menyeimbangkan kembali sistem didalam tubuh kita.

Karena seperti tubuh yang perlu tidur atau beristirahat saat kelelahan begitu pula sistem pencernaan tubuh manusia, sistem pencernaan perlu mengistirahatkan sejenak segala kegiatan metabolismenya dan ini dapat dilakukan jika si pemilik tubuh berpuasa. Ya keseimbangan harus diterapkan pada pola makan dan pola hidup.

Buku ini layak dibaca karena penalaran dan penjelasannya yang mendetail tentang hubungan sebab akibat pada banyak segi dan dimensi dipaparkan secara rasional dan mudah dipahami. InsyaAllah setelah membaca buku ini kita akan memiliki keikhlasan lebih dalam menjalankan ibadah puasa, dimana dalam anjuran Allah untuk berpuasa itu, sungguh hanya karena Allah sangat menyayangi dan mengasihi hambanya.

--------------------------------------------------------------------------
Judul Buku : Untuk Apa Berpuasa Scientific Fasting, Penulis : Agus Mustofa, Penerbit : PADMA Press. 
Tersedia di Perpustakaan Al husna

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com