Manajemen Waktu Bagi Para Istri



Kesibukan wanita dalam rumah tangga adalah kesibukan yang berlangsung tanpa henti, tetapi banyak dipandang orang dengan sebelah mata tanpa ada penghargaan bagi para ibu rumah tangga. Kesibukan yang tidak mengenal istirahat maupun penat. Seringkali kita para ibu rumah tangga berharap seandainya putaran jam dalam sehari bukan hanya 24 tetapi 48 jam, karena banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan. Untuk   mengatasi hal itu, sudah seharusnya seorang ibu rumah tangga punya manajemen tersendiri dalam menjalani perannya, salah satunya di sini adalah manajemen waktu. Didalam manajemen waktu, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, antara lain :

1- Memiliki perencanaan waktu rutin
Susunlah rencana kita baik harian, pekanan, bulanan, dan seterusnya. Hal ini agar kerja lebih efektif dan tidak ada rencana yang terlupa. Kita tulis agenda tersebut, kemudian menempelkannya ditempat yang terlihat. Kalau perlu hal-hal penting kita bisa pasang reminder.

2- Memiliki prioritas dalam  beraktifitas
Mempriotitaskan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan waktunya. Misalnya sore hari,sebaiknya kita mendampingi anak belajar daripada menyelesaikan pekerjaan rumah kita.

3- Jangan menunda pekerjaan
Menunda pekerjaan berarti  menumpuk pekerjaan, dan biasanya setelah bertumpuk akan timbul rasa malas kita, dan belum tentu lain kali kita punya waktu untuk menyelesaikannya.

4- Tidak menggunakan waktu  untuk hal yang sia-sia
Misalnya telepon dengan teman berjam-jam hanya sekedar ngobrol saja, atau di depan internet untuk hal-hal yang tidak perlu.

5- Sambil menyelam minum air
Pekerjaan rumah memang bisa  dibilang tiada habisnya. Lakukan dua atau beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Misalkan    sambil mesin cuci  menggiling baju, kita bisa mencuci piring dan memasak. Kita bisa membereskan rumah atau seterika sambil lidah berdzikir

6- Bekerjasama dengan orang lain
Mendelegasikan tugas kepada setiap anggota keluarga untuk menyelesaikan tugas rumah tangga. Misalnya anak yang paling besar untuk membantu membereskan rumah atau mencuci   piring, suami juga ikut berperan aktif membantu pekerjaan istri.

7- Meluangkan waktu untuk aktifitas pribadi
Selain istirahat, hal ini juga untuk mengurangi kebosanan kita akan rutinitas harian. Luangkan waktu untuk diri sendiri, misalnya menghadiri pengajian, membaca, ataupun melakukan hobi yang disukai. Jadikan juga waktu-waktu khusus kita dalam beribadah seperti sholat lima waktu, berdzikir maupun sholat malam sebagai terapi jiwa kita yang penat dengan pekerjaan.

8- Kadang kala kita perlu melupakan sejenak pekerjaan rumah yang menumpuk
Misalnya saat kita pulang kerja melihat rumah berantakan, ada kalanya kita biarkan saja, kita mungkin bisa beristirahat atau bermain dengan anak-anak lebih dulu ditengah amburadulnya suasana.

9- Senantiasa bersyukur dan memohon keberkahan kepada Allah atas waktu yang ada
Menjalani peran-peran dengan penuh rasa syukur akan membantu kita menemukan kebahagiaan. Nikmati waktu memasak, belajar, bekerja, sholat, semuanya akan menambah keindahan hidup kita. Waktu yang berkah lebih dibutuhkan daripada waktu yang panjang tetapi sia-sia. Ada perlunya kita sebagai ibu rumah tangga memperbanyak membaca tentang kisah-kisah para sahabiyah di jaman  Rasulullah, karena di sana banyak teladan yang bisa kita petik hikmahnya.

10- Jaga hubungan dalam anggota keluarga
Menyelesaikan pekerjaan dengan suasana yang tidak menyenangkan akan membuat kita lebih capek, sedangkan jika hubungan harmonis tercipta diantara anggota keluarga, maka keinginan untuk saling menolong akan    tumbuh dan artinya pekerjaan bisa diselesaikan bersama.

Semoga Allah senantiasa memudahkan kita dalam menjalani peran kita sebagai istri, penanggungjawab di dalam rumah, dan juga ibu bagi anak-anak kita.

(Ummu Fathima Zahra)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com