Mengenal gizi makanan dari warnanya



Rahasia dibalik keindahan warna dari berbagai sayuran dan buah-buahan ciptaan Allah ternyata menjadi kunci nutrisi yang terkandung didalamnya, demikian berdasarkan penelitian para pakar, yang kesemuanya bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut beberapa warna yang telah diselidiki oleh para pakar;

-MERAH TUA, atau ungu ini umumnya mengandung antho cyanin, yakni anti oksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah.Sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Contohnya terung ungu ,cerry, strawberry, blackberries, kol ungu, pear merah, cabe merah.

-MERAH, seperti tomat,  semangka,bayam merah, pepaya, semua mengan-dung lycopene,  antioksidan yang mampu melawan kanker.

-JINGGA, mengandung beta carotene, yaitu zat yang sangat penting menjaga kesehatan mata dan kulit, contohnya labu, wortel, ubi jalar.

-KUNING, mengandung vitamin A dan C dan sumber beta  cryptoxanthine yaitu anti oksidan yang melindungi sel didalam tubuh dari kerusakan, didapat dari jeruk, pepaya kuning dan nanas.

(gambar dari: www.tanpabatas.info)


-KUNING KEHIJAUAN, mengandung lutein dan zeaxanthin, zat ini memperlambat terjadinya katarak dan mampu memperlambat penurunan daya penglihatan, banyak terdapat pada alpukat, mentimun, buncis, kacang polong, melon dan kiwi.

-HIJAU, sangat banyak mengandung zat isothiocyanate, sulforaphone dan  indole yang mampu merangsang  enzim-enzim hati melawan kanker, contohnya bayam, kangkung, daun singkong dan sayuran hijau lainnya.

-PUTIH, contohnya bawang putih yang mengandung  allicin, zat anti tumor. Tauge dan asparagus, mengandung flavonoid yaitu zat yang melindungi sel dari kerusakan. Selain kandungan diatas, tumbuhan  berwarna juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting   untuk metabolisme tubuh, dan  bermanfaat dalam mencegah  berbagai penyakit kanker usus besar, penyakit kencing manis dan batu empedu. Sayangnya dengan bergesernya zaman, pola makanpun berubah, masyarakat modern lebih memilih makanan siap saji atau fast food yang serba instan dalam pengolahannya, padahal makanan segar terutama sayur dan buahlah yang  banyak bermanfaat bagi tubuh,  bebas bahan kimia  tambahan dan polusi.

Saatnya kini kita bersama-sama me-ngenalkan sayur dan buah  sejak dini kepada si kecil, tumbuhan
berwarna-warni ciptaan Allah ternyata mengandung nilai gizi dan zat tertentu yang melindungi tubuh dari kerusakan. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?. (Ummu Rafi)  (Sumber majalah As sunnah)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com