Syndroma Flu saat Winter



Musim dingin di Kuwait yang mulai menyapa pada pertengahan bulan Oktober lalu mengingatkan kita untuk selalu siap menyambutnya dengan tetap prima selama 6 bulan ke depan, bagaimana tidak, perbedaan musim yang begitu ekstrem di negara ini kadangkala membuat tubuh kita benar-benar harus beradaptasi cepat agar tidak tiba-tiba jatuh sakit saat pergantian musim itu datang, saat summer suhu di sini bisa mencapai 55 bahkan 60 derajat celcius sedangkan saat winter suhunya bisa berada dibawah titik nol atau minus .
Syndroma Flu yang sering terjadi saat winter seperti batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, otot-otot terasa pegal, demam dan sakit kepala sudah umum terjadi, keluhan-keluhan tersebut terdengar saat musim dingin baru saja dimulai baik terjadi pada salah seorang anggota keluarga, teman atau bahkan diri kita sendiri yang mengalaminya. Syndroma flu atau common cold tersebut umumnya disebabkan karena menurunnya immunity atau kekebalan tubuh, kurangnya nutrisi atau faktor usia yang beranjak menua, yang terpenting untuk menghindari winter discomfort ini adalah mensupport kekebalan tubuh, melakukan perbaikan pergerakan dan mensupplai intake tubuh yang adequate.

Berikut trik sehat kala winter:

1.Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin.
Cuaca dingin biasanya membuat kita sering merasa lapar, jika setiap lapar kita mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat tentu kenaikan berat badan tidak dapat dihindari, karenanya alihkan diet anda pada makanan yang tinggi protein dan vitamin namun rendah kalori, seperti bayam, salmon atau tuna serta buah jeruk bisa menjadi pilihan karena mengandung kadar vitamin C dan zat omega 3, apel, bawang brokoli serta tomat yang mengandung zat penimbul warna alami, gandum, oatmeal, susu yoghurt, tahu,dan tempe juga mengandung zat anti microbial yang dapat melawan microorganisme yang akan masuk kedalam tubuh seperti bakteri, virus dan jamur. Lada, cabai dan paprika juga merupakan sumber vitamin C yang bisa mengatasi demam berkepanjangan akibat flu.

2. Perbanyak mengkonsumsi sup.
Satu mangkuk sup hangat berupa sup ayam, sup jagung atau sup jamur dipercaya mampu mengurangi dan mencairkan hidung yang tersumbat akibat lendir juga tenggorokan yang sakit atau gatal, jangan lupa untuk menambahkan sayuran berwarna seperti wortel, buncis dan brokoli sehingga bisa menambah konsumsi vitamin dalam tubuh kita.

3.Perbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan.
Keinginan mulut kita untuk terus mengunyah sesuatu saat musim dingin adalah hal yang wajar, karena suhu yang dingin akan membuat tubuh berproses lebih cepat melakukan metabolisme, karenanya pilihan tepat kalau kita banyak mengkonsumsi kacang-kacangan yang di dalamnya mengandung vitamin serat protein dan mineral. Umumnya kacang kacangan mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker dan menstabilkan tekanan darah. Wanut merupakan anti inflammatory, anti oxidant dan mengandung vitamin E. Almond, Pistachio mengandung vitamin E, B, C, kalsium, zat besi dan anti inflamasi, efek kacang almond juga mengenyangkan dan tidak mengandung lemak jenuh sehingga dapat mengurangi porsi makan yang besar. Hazelnut, kacang ini dapat memicu pertumbuhan sel kulit baru.

4. Perbanyak minum teh hijau (Green Tea)
Teh hijau hangat merupakan anti viral yang baik dalam melawan influenza, bila diminum secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes, mencegah stroke, menghancurkan lemak dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

5. Hindari pemakaian heater yang berlebihan. 
Pemanas tubuh yang sering dinyalakan saat winter sangat mengganggu kesehatan, dengan heater humidity  ruangan akan menurun dan ini berpengaruh pada kelembaban tubuh, sehingga sering kita rasakan sakit kepala atau sakit otot tubuh akibat cairan tubuh yang berkurang karena penggunaan heater, jadi lebih baik gunakan saja kaus kaki dan baju tebal sebagai proteksi terhadap cuaca yang dingin.
Pilihan minuman hangat atau camilan lain saat winter dan tetap sehat untuk dikonsumsi adalah wedang jahe,   angsle, coklat baik berupa makanan atau minuman yang bisa menimbulkan rasa tenang, rileks dan bahagia, dan bubur ketan hitam, mengandung zat besi yang  dapat memperbaiki kerusakan sel hati serta mencegah gangguan fungsi ginjal.
Semoga winter kali ini bisa kita jalani tanpa keluhan common cold karena nutrisi yang kita pilih tepat dan cukup, serta tidak ada lagi keluhan winter discomfort seperti batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, otot-otot terasa pegal, demam dan sakit kepala. InsyaAllah. (Ummu Rafi)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com