Memuliakan Kedua Orang Tua



Oase:
Memuliakan Kedua Orang Tua

Dua orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita adalah kedua orang tua, pengorbanan dan jasa keduanya begitu besar, tanpa batas. Mereka tak pernah lelah mendoakan kita, mengharap kebahagiaan kita, kesehatan dan keselamatan kita, dan merekapun rela mempertaruhkan jiwa raganya demi melindungi kita, anak-anaknya dari segala marabahaya.

Sosok Ayah,  ialah seorang yang selalu mencurahkan fikiran dan tenaganya, membanting tulang memeras keringat untuk mencari nafkah yang halal demi kebutuhan anak dan keluarganya. Sosok Ibu, bagai malaikat yang dipilih Allah untuk menjaga dan mengasihi, yang rela mempertaruhkan nyawanya saat berjuang pada detik detik kelahiran sang buah hati .Dan saat sang permata hati sudah berada dipangkuan, mengalirlah kasih sayang, perhatian serta kehangatan cintanya, bagai udara, tak lekang oleh waktu. Ibu mengajarkan kita bagaimana agar kita bisa kembali kepada Allah dengan selamat walau sesungguhnya Allah selalu berada disisi kita. Sedemikian dalam dan luas cinta kasih mereka, lantas apa yang bisa dan sudah kita berikan pada keduanya? 

"Dan Rabbmu telah mewajibkan agar kamu tidak beribadah kecuali kepadaNya, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua". Berbakti, berbuat baik dan bersyukur kepada orang tua adalah bagian dari kesempurnaan pengabdian kita kepada Allah.. Sebaliknya mengabaikan mereka, apalagi sampai menyakiti mereka merupakan perbuatan yang sangat tercela dan merupakan dosa besar.  

Di mana kita sekarang? Adakah kita sudah betul-betul menjadi anak yang berbakti atau sebaliknya?

Simpanlah sejenak kesibukan-kesibukan duniawi yang selalu membuatmu lupa akan orangtuamu. Hargailah mereka karena tiada satupun yang mampu menggantikannya. Kepada kita semua yang masih mempunyai orangtua, mengertilah kalau mereka memerlukan kita untuk sekedar berbincang, cintai dan sayangi mereka seperti mereka mencintai dan menyayangimu, do'akan mereka agar Allah senantiasa melindungi dan menjaganya dengan sebaik-baik penjagaan di dunia dan akhirat. Jangan biarkan kita kehilangan saat-saat berharga meraih pahala syurga dengan keberadaan mereka, berikanlah yang terbaik di akhir hayatnya. Sesekali jenguklah orangtua kita yang selalu menantikan kepulangan kita di rumah tempat kita dilahirkan. Kepada yang orangtuanya sudah tiada, kesempatan kita untuk membahagiakan mereka masih terbentang luas. Do'akanlah mereka dengan sebaik - baik do'a anak yang sholeh, perbanyak sedekah dengan niat untuk mereka, eratkan tali silaturrahmi dengan kerabat dan sahabat mereka, InsyaAlloh kita akan dapati orang tua kita "berbahagia" di sana.
Semoga kita diberi kekuatan untuk dapat memuliakan para orangtua kita, berbuat baik kepada mereka dan membahagiakan mereka. Allah lah yang memberi taufiq dan hidayah ke jalan yang lurus. (Ummu Hukma)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com