Kentang Nano-Nano



Dapur Al Husna
By: Fatma Chusnul Khotimah

Pembaca buletin Al Husna yang dirahmati Allah, di musim dingin suasana paling menyenangkan adalah saat kita sedang santai bersama keluarga  dengan ditemani cemilan. Untuk it, kali ini Dapur  Al Husna  berbagi resep cemilan yang sekaligus bisa dijadikan lauk, yaitu "Kentang Nano nano" penasaran….kan?  Selain itu kami juga akan berbagi tips merebus jagung agar tetap cantik, tidak berkerut setelah di rebus...


Kentang Nano-nano

Bahan-bahan : 1 kg kentang ukuran sedang
3 sdm garam larutkan dalam 1 gelas air, untuk  merendam kentang
7 biji cabe merah besar buang isinya
4 siung bawang putih
5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam citrun{bisa di ganti dengan asam}
minyak goreng secukupnya
garam secukupnya.


Cara membuat kentang goreng : Kupas kentang,  iris seperti korek api atau bulat-bulat menurut selera
lalu rendam dalam air garam, biarkan selama 5jam
Setelah itu tiriskan, lalu siram air ke  atasnya{jangan terlalu sering  dicuci} karena akan menjadi lengket saat digoreng. Panaskan minyak lalu masukkan kentang dan goreng dengan api besar, setelah setengah matang kecilkan api, sebelum diangkat besarkan apinya supaya minyak tidak banyak menempel di kentang.

Cara membuat  bumbu : Rebus cabe dan bawang putih lalu haluskan sampai benar-benar halus ,kemudian tumis bumbu tersebut dengan 1sdm minyak, kemudian tambahkan gula dan asam, biarkan sampai airnya habis lalu angkat. Setelah bumbu  dingin,  campurkan ke dalam gorengan kentang tersebut,  tambah garam sesuai selera. Nah jika anda ingin menjadikan sebagai lauk makan anda, tinggal menambahkannya dengan teri medan, caranya yaitu goreng terinya terlebih dahulu baru dicampurkan dengan kentangnya. Selamat mencoba semoga menjadi teman santai dan makan anda semua.

Dan yang terakhir,  jangan  tinggalkan……
“Tips merebus jagung agar tetap cantik”

Rebus air sampai mendidih baru masukan jagungnya, jangan dikasih garam saat merebus jagung, karena garam akan menyerap air yang ada pada jagung, sehingga menyebabkan  jagung  berkerut saat diangkat.

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com