KHASIAT MADU UNTUK KESEHATAN



KHASIAT MADU UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tidak tahu dengan madu?, cairan sangat manis yang dihasilkan oleh lebah dari jerih payahnya mengumpulkan sari-sari bunga. Sudah sejak lama manusia telah memanfaatkan madu sebagai bahan konsumsi yang memiliki banyak khasiat. selain rasanya yang enak, madu juga ternyata memiliki banyak khasiat.
Subhannallah, ternyata khasiat madu sebagai obat yang menyembuhkan manusia juga tertulis di dalam kitab suci ummat Islam. Al Quran menyatakan:
" Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya."( QS. An-Nahl. 69 )."

Sebelum antibiotik ditemukan pada tahun 1930-an, madu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan beralihnya manusia ke pengobatan modern, madu kian tersisih perannya. Belakangan ini ketika banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan, banyak orang kembali memanfaatkan madu sebagai pengobatan.
Mau tahu manfaat madu untuk kesehatan? ada baiknya kita simak dulu kandungan yang terdapat dalam madu.


Kandungan Madu Per 100 gram
Energi 304 kcal
Karbohidrat 82.4 g
Gula 82.12 g
Serat 0.2 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air 17.10 g
Riboflavin (vit. B2) 0,038 mg (3%)
Niacin (vit. B3) 0.121 mg (1%)
Asam pantotenat (vit. B5) 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folat (vit. B9) 2 mg (1%)
Vitamin C 0.5 mg (1%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Fosfor 4 mg (1%)
Potasium 52 mg (1%)
Sodium 4 mg (0%)
Zinc 0.22 mg (2%)
( Sumber: USDA Nutrient database )

Manfaat Dan Khasiat Madu Untuk Kesehatan

1. Obat Luka Dan Eksim Kronik
Madu yang berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat yaitu saat madu dioleskan ke kulit, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu juga memiliki osmolaritas yang terbukti mampu mengurangi peradangan dan membuat luka dan eksim cepat kering.

2. Merangsang Pertumbuhan Jaringan
Propolis, enzim dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

3. Menghaluskan Kulit
Asam glukonat dan asam organik ringan yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel dalam kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit. Banyak yang menggunakan madu sebagai bahan utama untuk membuat masker wajah karena efek anti penuaan yang dimiliki madu.

4. Antioksidan Kuat
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan antioksidan yang disebut "pinocembrin" hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

5. Menurunkan Glukosa Dan Kolesterol Darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap kedalam aliran darah secara bertahap. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula sintetis.Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

6. Meringankan Penyakit Pernafasan
Madu sangat efektif untuk mengobati penyakit pernafasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi penafasan.

Selain manfaat di atas, madu juga terbukti mengobati anemia, mengobati sembelit, mengobati kerontokan rambut, mengobati infeksi kandung kemih dan menstabilkan tekanan darah. Secara keseluruhan madu sangat baik untuk anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada madu yang berwarna lebih terang. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan. Demikianlah ulasan singkat mengenai khasiat madu untuk kesehatan, semoga bermanfaat. ( Ummu Dana)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com