Refleksi Akhir Tahun KBRI Kuwait



ACARA AKHIR TAHUN KBRI KUWAIT BERSAMA
MASYARAKAT INDONESIA DI HILTON HOTEL
AND RESORT MANGAF

Pada tanggal 29 Desember 2012 yang lalu KBRI Kuwait mengadakan acara refleksi akhir tahun dengan mengundang ketua dan pengurus organisasi masyarakat Indonesia di Kuwait.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Hilton dan Resort Mangaf ini terasa berbeda dengan acara tutup tahun yang diadakan KBRI pada tahun tahun sebelumnya, perpaduan acara resmi namun tetap berkesan santai ini berhasil memikat para undangan untuk terus menyimak acara demi acara, dari mulai laporan resmi yang berlangsung didalam tenda hingga acara permainan dan games yang diadakan diluar tenda.

Bertempat di tenda 5 di dalam lokasi Hilton Hotel Resort Mangaf Kuwait, acara dimulai sekitar pukul 10 pagi. Duta Besar RI untuk Kuwait, Bapak Ferry Adamhar hadir lebih awal dibandingkan sejumlah tamu undangan lainnya. Beliau yang hadir bersama keluarga terlihat berbincang hangat dengan tokoh masyarakat sembari mempersilahkan para undangan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.

Acara resmi dimulai sekitar pukul 10.30 pagi dengan dibuka oleh Bapak Ruli Amirullah selaku MC acara. Session pertama diisi oleh Bapak Luigi Pralangga yang menjelaskan tentang security awareness beserta dengan contoh-contoh nyata di lapangan selama beliau bertugas sebagai staff Unikom di Liberia, Iraq dan New York. Intinya agar semua warga negara indonesia yang berada di Kuwait dapat melakukan tindakan tanggap darurat tentang apa apa yang perlu dievakuasi apabila ada kejadian emergency yang tidak terduga.

Dalam sesi berikutnya yaitu paparan keberhasilan kerja KBRI Kuwait di tahun 2012 oleh Duta Besar RI, Bapak Ferry Adamhar, menyatakan dalam upaya memperkenalkan Indonesia secara lebih menyeluruh dan positif, KBRI Kuwait terus melaksanakan visi dan misinya secara all out demi kepentingan negara dan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Indonesia di Kuwait.

Visi dan misi KBRI Kuwait ini tertuang dalam data lengkap yang disajikan beliau melalui projector ditambah dengan foto-foto yang lengkap menjadikan acara ini menarik untuk diikuti. Dimulai dengan data Negara Kuwait, luasnya, pendapatan perkapita dan penyebaran

WNI di Kuwait masuk ke misi benah diri KBRI terutama telah berjalannya sistem one day service yang sangat bermanfaat bagi kita. InsyaAllah pelayanan KBRI untuk masyarakat Indonesia akan berkembang dengan dilaunchingkannya program pelayanan melalui website sehingga semua urusan surat surat penting tinggal mengisi form yang ada di website dengan pembayaran melalui kartu KNET yang dapat dilakukan diberbagai bank di Kuwait. Sistem yang mempermudah terutama bagi kita yang harus bekerja di pagi hari tanpa harus berulangkali datang ke KBRI.

Selain itu langkah-langkah yang ditempuh KBRI dalam pelayanan dan perlindungan TKI cukup professional sehingga dari 282 kasus TKI yang bermasalah telah diselesaikan sebanyak 258 kasus, ditambah dengan ide Lets Kuwaity deal with Kuwaity yaitu sistem penggajian TKI lewat KFH melalui kartu bank. Juga adanya penurunan jumlah TKI di Transit House KBRI yang sangat signifikan, hingga pernah di bulan Juli hanya ada 3 TKI di transit house, suatu prestasi yang sangat bagus karena berarti telah memberikan penghematan sangat besar untuk pengeluaran negara.

Laporan yang diberikan oleh Bapak Duta Besar RI ini telah membuka wawasan kita sebagai warga masyarakat Indonesia bahwa telah banyak keberhasilan yang diraih KBRI dalam memfasilitasi kerjasama antara Indonesia dan Kuwait baik di bidang Ekonomi, Politik maupun Pensosbud. Diantara masuknya berbagai produk Indonesia ke Kuwait dari ban achiless, sea food, mutiara ,dll , berlanjutnya kerjasama antara KOC dengan Indonesia, tampilnya kesenian nasyid Indonesia di Kuwait dan banyak sekali keberhasilan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu di sini.

Acara resmi ditutup dengan makan siang bersama setelah sholat dhuhur. Hidangan buffe dan barbeque istimewa telah disiapkan special untuk undangan beserta keluarga yang hadir.

Pada pukul 2 siang, ketika cuaca sudah mulai hangat…acara santai dimulai di luar tenda. Diawali dengan lomba kelereng yang berpasangan antara ibu dan anaknya, lomba Limbo yang cukup membuat hadirin tertawa karena peserta lomba harus melintasi kayu penghalang yang semakin lama semakin rendah sehingga harus berupaya keras untuk melintasinya tanpa boleh membungkuk, limbo ini diikuti oleh semua kelompok umur, bapak, ibu dan anak. Acara santai semakin meriah ketika dimulai lomba tarik tambang beregu dimulai dari Team KBRI melawan masyarakat Indonesia. Bapak-bapak yang biasanya berpakaian resmi di kantor harus berupaya keras untuk memenangkan pertandingan melawan masyarakat yang terbiasa bekerja di lapangan. Akhirnya dimenangkan oleh group masyarakat Indonesia. Demikian juga Ibu-Ibu Dharma Wanita harus mengakui keunggulan group ibu-ibu organisasi Aku Di Kuwait.

Acara berakhir sekitar pukul 4.30 sore, sebuah kenangan tersendiri bagi warga masyarakat yang hadir. Terjalinnya kebersamaan antara staff KBRI dan masyarakat tanpa ada rasa penghalang. Ditambah dengan komunikasi yang baik dari pihak KBRI untuk menyampaikan kepada warga akan hasil hasil yang telah dicapai di tahun 2012 membuat kita salut akan kerja keras mereka di tahun 2012.…Semoga di tahun 2013 ini KBRI bisa lebih berprestasi, lebih meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat Indonesia di Kuwait dan yang penting adalah meningkatnya citra yang baik bagi masyarakat Indonesia di mata warga negara Kuwait. BRAVO KBRI...SEMOGA BISA TERUS MENINGKATKAN KINERJA
DITAHUN 2013 ini.
Ummu Ridho

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com