MENCARI JODOH


Jodoh adalah hal yang menarik untuk diperbincangkan, kedatangannya yang sangat dinanti terutama bagi yang masih sendiri, mengundang begitu banyak tanya dalam hati, kapankah ia akan datang..?? Akan sesuaikah dengan keinginan pribadi dan harapan keluarga besar..??                                 

Dalam penantian yang begitu menggelisahkan, kadang harus terbentur norma-norma dalam pencariannya, bertanya pada kerabat, sahabat, teman sejawat atau bahkan berusaha mengeksplorasi sendiri, melelahkan sekaligus mendebarkan.
Untuk mencari jodoh dan menikah bukanlah perkara yang mudah, diperlukan penelitian yang mendalam, maka Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk berhati-hati dalam memilih pasangan hidup, karena hidup berumah tangga tidak hanya untuk satu atau dua tahun saja, tetapi diniatkan untuk kehidupan di dunia sampai kehidupan di akhirat kelak. Rasulullah SAW mengatakan dalam hadisnya "Seorang perempuan biasanya dinikahi karena 4 perkara yaitu, karena hartanya, nasab atau keturunannya, kecantikannya dan agamanya, maka utamakan memilih perempuan karena agamanya, kamu akan rugi bila tidak memilihnya. ( HR.Bukhari )"  Dari sini kita bisa melihat bahwa Rasulullah menganjurkan dari 4 kriteria di atas, beliau lebih mengutamakan agamanya, namun bila kita menemukan keempat-empatnya pada calon pendamping kita, maka itu lebih baik baginya.
Jodoh itu urusan Allah, maka bertawakallah, jangan kita dibutakan dengan kenikmatan duniawi dengan mengumbar hawa nafsu belaka, dalam Al quran dijelaskan "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan satu jalan yang buruk.( Al-Isra' 32 )"
Jodoh seperti rizqi, ia telah ditentukan oleh Allah SWT, namun kita tidak tahu apa yang yang telah ditentukan olehNya, dengan berpegang pada hakekat itu, kita diperintahkannya untuk berusaha, carilah jodoh yang baik, rizqi yang baik dengan jalan yang baik pula. Siapa jodoh kita..?? Berapa banyak rizqi kita..?? Itu semua bukan wewenang kita, itu semua ketentuan Allah yang sudah tertulis dan tersimpan rapi di Lauh Mahfudz, milik kita hanyalah usaha.

Jadi bagi yang belum menemukan jodohnya jangan putus asa, tetaplah berusaha dengan maksimal dan tentunya dengan tetap mentaati rambu-rambu yang telah ditetapkan pada jalan Allah SWT, banyak berdoa dan berusaha menjadi orang yang baik, karena laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik dan begitu juga sebaliknya itu janji Allah, sungguh indah bukan..!!
Dialah Maha Penguasa lagi Maha Perkasa, di tanganNyalah semua skenario kehidupan seluruh mahluknya, tidak sedikit pun kita mengetahuinya dan sungguh Dialah yang maha mengetahui apa-apa yang terbaik untuk kebutuhan seluruh umatnya.

Karena itu tetap berusaha dan berusahalah namun tetap berpasrah diri pada Nya, insyaAllah akan indah pada waktunya, karena bila hati kita indah, kita akan senantiasa melihat  keindahan namun sebaliknya, bila hati kita rusak, maka keindahan tidak akan terlihat sekalipun sudah ada di depan mata.
Wallahua'lam bisowwab.(Atin)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com