PMIJ -KUWAIT


Paguyuban Masyarakat  Indonesia Jahra

Al Jahra adalah sebuah region ( wilayah ) di State of Kuwait yang terletak ± 32 km di sebelah Barat Laut Kuwait City, berbatasan dengan Negara Irak & Saudi Arabia.

Pada tahun 1993 para pekerja Indonesia di sektor formal ( perawat ) mulai berdatangan. Seiring dengan bertambahnya waktu bertambah pula komunitas pendatang Indonesia, termasuk juga di Jahra dan wilayah Jahra yang tergolong jauh dari pusat kota dibanding dengan region lain kebutuhan akan silaturrahmi, serta berbagai permasalahan warga mulai muncul. Untuk menjembatani semua itu, atas kesepakatan warga Indonesia yang tinggal di wilayah Jahra,  pada bulan Mei 2003 dibentuklah organisasi sosial kemasyarakatan, yang bertujuan mengikat tali silaturrahim warga Indonesia di Jahra yang di beri nama Paguyuban Masyarakat Indonesia Jahra ( PMIJ ), yang untuk saat ini ketua PMIJ dijabat oleh bapak Mohammad Nursyamsu.

Selain mengadakan berbagai kegiatan ,  organisasi ini juga berfungsi sebagai mediator antara warga dengan pihak KBRI dan organisasi-organisasi lain di Kuwait. Sebagai ormas, tentunya tidak terlepas dari kebutuhan pendanaan. Untuk menutupi kebutuhan tersebut PMIJ mendirikan berbagai macam usaha untuk mendanai berbagai macam kegiatannya. Dua bentuk usaha yang sampai sekarang alhamdulillah masih aktif adalah penyediaan layanan Internet DSL ke hostel-hostel perawat dan juga family yang ada di Jahra. Dan juga penyediaan barang-barang kebutuhan masyarakat khususnya anggota PMIJ dan tentunya juga dari sumbangan sukarela baik berupa materi maupun tenaga.

Kegiatan-kegiatan PMIJ antara lain  :

Kegiatan Umum :  Seperti membantu memfasilitasi para pekerja informal / formal yang menghadapi masalah; termasuk di antaranya pengumpulan dana bagi mereka yang berduka cita, membantu para pekerja informal yang terkena masalah dengan majikan dengan menghubungkan ke pihak yang berwenang / KBRI. Dan juga  kegiatan olah raga seperti tenis meja, tenis lapangan, bola volley, dan sepak bola.

Kegiatan keagamaan :                                                                                          1.Kegiatan Mingguan :

-      Pengajian Rutin / Liqo’ mingguan untuk bapak-bapak yang di laksanakan setiap hari Kamis atau Jum’at. Tempat bergantian sebagai sarana silaturahim.

-      Pengajian Rutin / Liqo’ mingguan untuk ibu-ibu yang di laksanakan setiap hari Jum’at sore. Tempat bergantian sebagai sarana silaturahim.

-      TPA. Taman Pendidikan Al Qur’an / TPA Al Jahra mempunyai jumlah murid sekitar 20 anak.  setiap hari Kamis sore, dengan kegiatannya membaca Al-Qur’an, pengetahuan tentang hadits, cerita Islam, kreatifitas / games.

2. Kegiatan Bulanan :

-      Ta’lim bulanan Bapak-bapak

Ini dilaksanakan setiap hari Sabtu akhir bulan. Dalam acara ini selain ta’lim & silaturrahim juga di gunakan untuk membahas permasalahan-permasalahan, rencana kegiatan & update info yang berkaitan dengan warga PMIJ.

-      Ta’lim bulanan Ibu-ibu

Alhamdulillah sejak bulan July 2012 kemaren pengajian umum ibu-ibu terbentuk. Acara silaturrahmi dan kajian Islam ini diisi oleh Ustadzah Latifah Munawaroh MA. Dengan peserta ± 30  orang. Kegiatan di laksanakan setiap hari Jum’at awal bulan.

3. Kegiatan keagamaan lain :

-      Ifthor Jama’i

Di bulan Ramadhan, ini  merupakan kegiatan rutin warga PMIJ  bergantian saling mengundang buka puasa. Begitu juga pada puasa ‘Arafah dan ‘Asyura.

-      Haflah atau Perayaan  ‘Idul Fitri & ‘Idul Adha 

Untuk menggantikan suasana rindu berlebaran bersama keluarga di tanah air  serta dalam rangka menyambung silaturrahim, pengurus bersama warga PMIJ mengadakan acara rutin rihlah Haflah ‘Idul Fitri & ‘Idul Adha. Acara biasanya digelar di pantai atau taman.

Pembangunan masjid Al ahra                                                                                        Kebersamaan & kegiatan rutin keagamaan telah menumbuhkan semangat warga PMIJ untuk selalu bersama di dalam kebaikan, bahkan merupakan cita-cita warga Insya’Alloh sampai nanti di akhirat. Amiin ya Robbal’alamin.

Sebuah wacana tentang pembangunan masjid sebagai monument kebersamaan warga Indonesia di Jahra telah di usulkan kira-kira setahun yang lalu. Dan telah di bahas pula di pertemuan-pertemuan PMIJ, dengan realisasi dimulainya pengumpulan dana pembangunan masjid melalui warga PMIJ yang menjadi donator tetap. Hanya saja saat itu belum didapatkan/ ditentukan di daerah mana masjid akan dibangun. Kenapa warga PMIJ memilih membangun masjid? Semua tak lepas dari fungsi yang universal dari masjid. Masjid adalah tempat yang dicintai Allah SWT di muka bumi. Masjid bukan hanya sarana ibadah, tapi merupakan pusat dari berbagai kegiatan kemasyarakatan antara lain pendidikan, dakwah, bahkan pemerintahan. Juga keutamaan membangun masjid seperti disebutkan di dalam berbagai hadist. Itulah yang menjadikan dasar dari realisasi warga PMIJ untuk bersama mendirikan MASJID AL JAHRA sebagai proyek amal jariyah bersama. Gayung pun bersambut, niat baik warga dan uang donator yang sudah terkumpul disalurkan. Di akhir bulan Agustus 2012, Yayasan Bina Masyarakat Mandiri ( YBMM ) di Kabupaten Magetan -Jawa Timur mengajukan proposal mengenai pembangunan masjid di atas sebuah tanah yang di beli YBMM ditambah wakaf dari saudara –saudara di Kuwait. Yang beralamatkan di Jln Raya Panekan (Srogo) desa Tawanganom Magetan-JaTim, dengan total biaya anggaran sekitar Rp.288.000.000. Bukan hanya masjid, rencananya Insya’Alloh juga akan dibangun Markaz Tahfidz Qur’an dan Kajian-kajian Islam.YBMM Jatim merupakan sebuah yayasan terpercaya yang bergerak di bidang sosial dakwah serta pendidikan yang dimotori oleh para pemuda yang peduli dengan dakwah Islam. Yayasan ini terdaftar di AKTA NOTARIS Mei Herlina SH Nomor 3 Tanggal 3 Mei 2005. Sejak bulan Oktober 2012 pembangunan MASJID AL-JAHRA dimulai. Masyarakat Jahra bertekad untuk mengumpulkan dana baik donator tetap warga maupun dari sumbangan masyarakat umum di luar Jahra. Sampai saat ini panitia terus melakukan penggalangan dana dan menerima partisipasi dari semua pihak masyarakat Kuwait. Dengan contact person Sdr.Hendra – 65723371 atau Sdr. Hadi – 66598677.

Masyarakat Jahra terbuka untuk bekerja sama dengan organisasi–organisasi kemasyarakatan lain baik di Kuwait maupun di Indonesia untuk kebaikan dan pembangunan masyarakat. Akhiran salah satu pantun dari warga Jahra yang mencintai  budaya bahasa juga terkadang di gunakan sebagai sarana komunikasi di media elektronik…menutup artikel kami tentang sekilas Paguyuban Masyarakat Jahra ( PMIJ ) Kuwait.

Pergi berlayar ke selat Malaka, Selat dituju sangatlah indah.

Sungguh bertuah warga Indonesia di Jahra,

Selalu bersilaturahmi dan penuh ukhuwah.

Tak kenal maka tak sayang itu pepatah budaya lama.

Bila saudara/i ingin tahu dan & berniat datang.

Ahlan wa sahlan Kami tunggu di JAHRA.

Kalau lah ada jarum yang patah jangan disimpan di dalam peti

Jikalau ada kata-kata kami yang salah, jangan disimpan di dalam hati

 
Ummu Aliya-Jahra

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com