Serial Alif dan Teman-teman



Mengenal Nama-nama Al Qur’an

“ Ayo… Fauzan oper bolanya. Taufan…., ayo sang kaki emas... tendang… Hore……gooolllll!!!!!” teriak kubu Alif kegirangan. Badu pun berusaha membalas serangan, bola yang telah berhasil direbut Badu ditendangnya kuat-kuat ke gawang lawan tetapi ternyata  Alif berhasil menangkap bola dengan jitu. Hidup… Alif si tangan laba-laba, dan sore itu akhirnya pertandingan dimenangkan oleh kubu Alif dengan nilai 2-0. Badu  terlihat kecewa, “Jangan berbangga hati dulu ya, lihat pertandingan kita berikutnya.” Kata Badu dalam hati. Kak Jamal yang menjadi wasit  membubarkan pertandingan setelah mengumumkan pemenangnya, “Ok, bagus sekali, menang atau kalah tidak boleh saling mengejek atau mendendam , karena kita berolahraga saja dan bersahabat. Dan jangan lupa besok kita mengaji lagi, kakak punya cerita yang menarik insya Allah.” Anak-anak pun berlari sambil mengacungkan jempolnya.

Keesokan harinya, begitu selesai sholat Ashar, anak-anak  duduk di sudut masjid. Kak Jamal pun datang menghampiri mereka, “Assalamualaikum semua, bagaimana sudah siap ?” Mereka serempak menjawab salam, " Siap, insya Allah.” Kak Jamal melanjutkan, “Alhamdulillah. Sebelum dimulai, kakak mau bertanya tentang pertandingan kemarin.” Badu pun menyahut, “Lho kemarin kakak bilang mau bercerita, kok……" Taufan menyenggol tangan Badu, “Diam dulu!!.” Kak Jamal tersenyum, “Kakak hanya ingin tahu kemarin kalian menyebut si kaki emas dan si tangan laba-laba, apa maksudnya?” Alif menyahut, “ Kaki Emas buat Taufan karena sering mencetak gol kak.” Dan Ahmad pun menjawab , “ Si tangan laba-laba itu buat Alif karena dia pandai menangkap bola.” Kak Jamal berkata, “Berarti mereka diberi julukan karena keahliannya, betul tidak?” Dengan serempak mereka menjawab, “Betuuuuul…..!”

“Nah sekarang kakak ingin bercerita tentang nama-nama lain dari Al Qur’an,” kata kak Jamal. “Sebagaimana Taufan dan Alif yang mempunyai julukan, maka Al Qur’an begitu juga. Al Qur’an mempunyai banyak nama berdasarkan keistimewaanya. Yang pertama adalah Al Kitaab, karena Al Qur’an mengumpulkan surat-surat dan ayat-ayat di dalamnya. Ada yang tahu berapa surat dalam Al Qur’an?” lanjut kak Jamal. Badu pun menjawab, “30 surat kak.” Kak Jamal menggeleng.  Alif dengan cepat menjawab, “114 surat kak.” Kak Jamal pun mengangguk sambil berkata, “Bagus Alif.” “Nah, sekarang kakak lanjutkan yang kedua yaitu Al Furqon, ini karena Al Qur’an membedakan antara yang benar dan yang salah. Sekarang ada yang tahu nama lain dari Al Qur’an, Taufan mungkin?” tanya kak Jamal sambil memandang Taufan. Taufan pun mengernyitkan dahinya, “ Eng….kalau tidak salah, Asy-Syifa, karena Taufan ingat waktu sakit, abi bilang ke umi agar dibacakan ayat-ayat Al Qur’an, kata abi salah satu sifat Al Qur’an adalah Asy-Syifa yang artinya mengobati segala penyakit baik lahir atau batin.” Kak Jamal pun mengacungkan kedua jempolnya, “Bagus sekali Taufan, dan yang terakhir, yaitu Al Hudaa, karena Al Qur’an berfungsi sebagai petunjuk. Dan sebenarnya masih banyak lagi nama yang lain.


“Wah, masya Allah ternyata banyak juga ya nama Al Qur’an, bagus-bagus.” kata Taufan. “Iya ya,” sahut Badu yang duduk di sebelahnya. “Nah sekarang kalian sudah tahu kan?, dan tentunya juga banyak manfaatnya bagi kita kalau mau membaca. Dan pesan kakak ingat nama-nama itu, dihafalkan kembali bersama adik-adik, dan orang tua kalian sampai di rumah nanti, biar mereka juga bertambah semangat untuk mempelajari dan membaca Al Qur’an, karena apa…..Mereka pun menjawab dengan penuh semangat, “Karena kita anak muslim.”(K’Uya)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com