TIPS MENJAGA KESEHATAN IBU HAMIL



Masa-masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi seorang ibu. Status kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin yang sedang dikandung. Bagi ibu status kesehatan yang baik selama masa kehamilan juga akan sangat membantu ketika tiba saatnya melahirkan dan kemudian menyusui bayi yang baru dilahirkannya.

Selama menjalani masa kehamilan seorang ibu akan mengalami beberapa perubahan yang fisiologis berhubungan dengan kehamilannya tersebut. Beberapa perubahan tubuh ibu hamil yang dapat kita kenali seperti halnya :

1.     Perubahan payudara. Awal trimester ke-3, kelenjar susu mulai aktif memproduksi sedikit kolostrum dan berubahnya warna puting susu yang mulai menghitam.

2.     Rahim ibu akan menjadi lebih besar sesuai dengan pertumbuhan janin didalam kandungan. Salah satu efek yang ditimbulkan dari pembesaran rahim ini adalah sering kencing, sakit pinggang serta rasa tidak nyaman disekitar perut bagian bawah.

3.     Keluhan sesak nafas, Rahim yang membesar akan membatasi meluasnya paru-paru ketika proses pengambilan nafas, hal inilah yang menyebabkan kadangkala ibu hamil merasakan sesak nafas.

4.     Perubahan pada system hormonal. Adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) menyebabkan ibu hamil mengalami mual bahkan muntah-muntah. Sedangkan kadar progesterone yang tinggi menyebabkan ibu hamil selalu ingin tidur atau mengantuk.

5.     Perubahan emosi. Ibu yang sedang mengandung lebih mudah tersinggung, ingin selalu diperhatikan dan dituruti kemauannya. Dimasyarakat dikenal dengan “ngidam”.

Perubahan tubuh selama kehamilan ini umum terjadi, yang membedakan adalah respon dari masing-masing ibu hamil tersebut. Kadang kita dapati ibu hamil yang merasakan mual, muntah, pusing, tetapi hal ini tidak selalu dialami oleh setiap ibu hamil. Jadi ini bersifat individual, antara ibu hamil yang satu berbeda dengan ibu hamil yang lain. Masyarakat kita sering juga menyebutnya dengan “bawaan bayi”.

Maka dari itu seorang ibu hamil sangat membutuhkan pengetahuan tentang tips menjaga kesehatan agar janin dalam kandungan dan sang ibu tetap sehat. Untuk meningkatkan dan mempertahankan status kesehatan ibu hamil agar selalu dalam kondisi baik, ibu hamil perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

1.     Penuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Asupan kalori perhari pada ibu hamil biasanya lebih besar 300 kalori dibanding kebutuhan pada saat tidak hamil. Usahakan makanan ibu hamil bisa memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna serta gizi yang seimbang. Hal ini merupakan cara efektif untuk mencegah kematian ibu hamil saat melahirkan yang disebabkan karena anemia, dan mencegah lahirnya bayi BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Bayi dengan BBLR memiliki resiko kesakitan (seperti infeksi saluran pernafasan bagian bawah) dan kematian yang lebih tinggi daripada bayi yang dilahirkan dengan berat badan normal.

2.     Periksa kehamilan secara teratur ke Bidan atau Dokter, minimal  sebulan sekali untuk mengecek kondisi bayi dan ibu. Pada saat kehamilan, setiap ibu harus memeriksakan kadar haemoglobinnya dan diulang kembali saat usia kehamilan 28 minggu. Bila ibu mempunyai keluhan atau kekewatiran tentang kehamilannya, periksalah ke dokter walaupun belum saatnya kontrol.

3.     Mengkonsumsi supplement zat besi dan vitamin dari dokter untuk mencegah anemia dan kelainan pada janin, tetapi harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter, karena kelebihan vitamin pun akan berdampak buruk pada janin.

4.     Menerima suntikan TT (Tetanus Toxoid) 2 kali semasa kehamilan, yang bermanfaat untuk melindungi dari infeksi yang bisa memberikan pengaruh buruk pada ibu dan janin.

5.     Menggunakan garam beryodium setiap hari untuk kesehatan janin. Kekurangan yodium akan menyebabkan hipotiroidisme, yang walaupun ringan akan dapat menimbulkan komplikasi di masa yang akan datang.

6.     Istirahat yang cukup. Tidurlah antara jam 10 malam dan 6 pagi secara teratur karena kurang tidur menyebabkan gangguan pada fungsi tiroid yang akan berakibat buruk pada ibu dan janin.

7.     Konsumsi air putih kurang lebih 2 liter setiap hari. Air dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan. Kekurangan cairan dapat mengakibatkan dehidrasi pada ibu yang bisa berakibat lahirnya bayi premature atau beresiko bayi lahir dengan BBLR.

8.     Tetap melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini sangat baik untuk sang ibu dan janin untuk memperlancar peredaran darah. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki atau senam ibu hamil tapi jaga jangan terlalu cape.

9.     Mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil dengan cara mengatur emosi ibu. Tenangkan hati dan pikiran dengan sering-sering membaca Al-Quran, berdzikir dan berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT. Jauhkan dari hal-hal yang dapat menimbulkan stress dan berpikirlah secara positif. 

Hal-hal yang harus dihindari untuk kesehatan janin :

1.     Bekerja terlalu keras dan tidak cukup istirahat.

2.     Minum obat sembarangan tanpa resep dokter.

3.     Pijat dibagian perut.

4.     Berada disekitar penderita cacar.

5.     Merokok dan minum-minuman beralkhohol.

6.     Makan terlalu sedikit dengan menu monoton, tidak bervariasi dan tidak memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

 Petunjuk Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Masalah Ringan Selama Kehamilan :

1.     Mual dan muntah, bisa diatasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering dan teratur walaupun tidak ada nafsu makan, hindari makanan bersantan dan gorengan.

2.     Panas dan terbakar dilambung atau rongga dada (asam lambung dan dada terasa sesak), bisa diatasi dengan makan porsi kecil tapi sering dan teratur, hindari makanan pedas dan asam, serta  banyak minum air putih. Bila tidak membaik bisa minta obat ke dokter.

3.     Bengkak kaki, bisa diatasi dengan istirahat berbaring, posisi kaki diangkat lebih tinggi sedikit, dilakukan beberapa kali dalam sehari. Makan-makanan secara teratur dan kurangi konsumsi makanan yang terlalu asin. Jika kaki sangat bengkak diikuti dengan bengkak di tangan dan muka, segera periksa dokter.

4.     Sakit punggung, bisa diatasi dengan berolahraga ringan, sikap duduk dan berdiri yang tegak, mandi dengan air hangat atau dengan menggunakan bantal dibawah perut saat tidur. Pijatan ringan juga bisa mengurangi nyeri pungung.

5.     Terlalu kurus, pucat dan lemah, bisa diatasi dengan memperbanyak makan makanan bergizi dengan lauk pauk yang bervariasi seperti kacang-kacangan, daging ayam,, telor, daging, ikan dan sayur warna hijau tua, minum susu dan konsumsi zat besi setiap hari.

6.     Sembelit, bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih, makan banyak buah, sayur dan ubi serta berolahraga ringan.

Nah itulah hal-hal kecil yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Hal itu perlu dilakukan karena tak hanya berdampak hingga proses kelahiran, namun juga sampai pada kehidupan si anak kelak. Maka dari itu untuk menciptakan generasi-generasi penerus bangsa dan agama yang sehat baik jasmani maupun rohani, semua anggota keluarga harus turut berpartisipasi meningkatkan dan mempertahankan status kesehatan ibu hamil yang baik. Semoga bermanfaat bagi pembaca. (Ummu DaFi)

3 comments:

Alami Ilmiah mengatakan...

Yang penting dari ibu hamil adalah memeriksakan kandungan pada petugas kesehatan

KLINIK PEMBESAR PENIS mengatakan...

Vimax Asli Original
Vimax Canada Asli Original
VmenPlus Herbal Asli Original
NeoSize XL Herbal
KLG Pembesar Penis
VigRx Plus Usa Original

Vimax Pro Extender
Vakum Penis Dan Minyak Cobra Oil
Celana Vakoou Usa
Vakum Alat Pembesar Penis
Lintah Papua Asli
Cobra Oil Super Usa
Arabian Oil
Lintah Oil Super
Black Mamba Oil
Obat Kuat Viagra USA 100mg
Obat Kuat Viagra Laser Usa 100mg
Vagina Fleshlight (Senter)
Boneka Full Body
Vagina Pinggul
Vagina Getar Goyang Suara
Ring Cincin Getar
Penis Ikat Pinggang
Penis Sakky
Penis Tempel
Penis Mutiara
Penis Maju Mundur
Penis Silikon Vibrator
Obat Pembesar Penis
Obat Kuat Sex
Distributor VigRX Plus
Agen Fruit Plant

bpk muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com