Keistimewaan si Cantik Buah Delima


Delima, pasti kita pernah mendengar mengenai buah yang satu ini, namun jarang sekali kita mendengar tentang manfaat dan keistimewaannya. Buah yang dulu hanya dipandang sebelah mata, beberapa tahun terakhir ini namanya melejit menjadi populer. Tak hanya rasanya yang asam manis dan segar, buah unik dengan biji-bijinya yang merah berkilau bak mutiara ini mengandung segudang manfaat dan keistimewaan bagi kesehatan. Buah yang berasal dari Iran ini merupakan tanaman buah yang dapat tumbuh hingga 5-8 meter, dibudidayakan di daerah mediterania dan banyak ditanam juga di wilayah Cina Selatan dan Asia Tenggara. 
Delima (Punica granatum) yang dalam bahasa Inggris disebut Pomegranate, dalam bahasa India adalah Anar atau Ar-rumman dalam bahasa Arab, merupakan salah satu buah yang terdapat dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. 55: 68 " Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima". Berdasarkan firman Allah tersebut, tidak heran jika sebagian orang menyebutnya sebagai buah ajaib dari surga.
Macam-macam delima
Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu. Dibudidayakan dengan stek, tunas akar atau cangkok. Sering ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus dan jus. untuk membuat jus delima sebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak mengandung senyawa Poliferol seperti tannin dan anthocyannin.
Kandungan nutrisi buah delima
Disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini, menjadikannya sebagai buah yang istimewa dan bermanfaat bagi tubuh, diantara kandungan nutrisinya adalah:
1. Mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E
2. Dalam buah delima terdapat senyawa mineral dan kalsium yang baik untuk tulang kita 3. Mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. 4. Buah delima juga mengandung karbohidrat, protein dan lemak.
Manfaat dan keistimewaan buah delima untuk kesehatan
1. Bagi penderita anemia: Tingginya kandungan zat besi yang terdapat dalam buah ini dianggap sebagai unsur penting dalam pembentukan sel darah merah.
2. Kalsium yang terkandung di dalam buah delima ini sangat baik untuk perkembangan anak kita.
3. Sebagai buah kaya antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah serta mengurangi resiko kanker tertentu.
4. Menurunkan kolesterol: Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.
5. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan ion kalium (potasium) per 100 gram (259mg/gr), energi 63kal, 30mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung dan otot-ototnya, bereaksi bersama sodium, potasium mengatur keseimbangan air tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal. Dengan satu gelas jus delima setiap harinya, dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dengan tiga kali lipatnya dibanding dengan yang tidak minum.
6. Menurunkan kadar gula dalam darah
7. Mencegah dan memperlambat efek penyakit Alzheimer: Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center, menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko Alzheimer hingga 76% dibanding orang yang tidak meminumnya sama sekali.
8. Vitamin A dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan mata, vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi ketuaan dan menjadikannya awet muda.
9. Tingginya kandungan Flavonoid pada buah ini, menjadikannya dapat mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, mampu memberikan perlindungan terhadap kanker kulit dan kanker prostat.

Sebenarnya radikal bebas dapat ditemukan secara alamiah dalam tubuh kita, tubuh mengolah makanan dan membakar lemak untuk memproduksi energi, proses produksi ini juga menghasilkan zat sisa yang disebut radikal bebas alias molekul yang dapat merusak se-sel tubuh. Terik sinar matahari, polusi udara, bahan-bahan kimia rumah tangga, asap rokok, bisa meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh, sehingga mempengaruhi kemampuan alami tubuh untuk menangani mereka, kalau dibiarkan, kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ini bisa menyebabkan penuaan dini atau yang lebih berbahaya lagi penyakit jantung dan kanker. Disinyalir juga bahwa kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya 3 kali lipat lebih tinggi dari pada anggur merah dan teh hijau.
Demikianlah di atas beberapa keistimewaan dan manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh kita dibanding buah lainya,.
Ayo,. konsumsi buah delima mulai sekarang juga, dan jadikanlah si cantik merah ini sebagai salah satu daftar utama dicatatan anda manakala anda mempersiapkan liburan dan cuti tahunan, sudah pasti bahwa si cantik merah ini akan mendapat sambutan yang luar biasa oleh handai taulan di negeri tercinta. (Ummu Azmi)

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com