DONATE FOR LIFE



“ bersama Indonesian Moslem Community di Kuwait"

 

Dan barangsiapa yang memelihara dan menyelamatkan kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya ‘ (Q.S Al Maidah 32)

Dengan bertemakan : “Donate for Life” Takmir Masjid Indonesia, FKMI dan sejumlah organisasi kemasyarakatan di Kuwait yang tergabung dalam Indonesian Moslem Community menyelenggarakan program donor darah pada tanggal 13 April 2013 di Central Blood Bank Jabriya Kuwait. Acara berlangsung selama 5 jam dimulai dari pukul 8 pagi sampai jam 1 siang, lebih dari seratus orang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Central Blood Bank (CBB) Kuwait yang berlokasi di Jabriya dekat Mubarak Al Kabeer Hospital adalah pusat pelayanan donor dan permintaan darah di Kuwait. Kantor ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan darahnya, buka 7 hari dalam seminggu dengan waktu yang berbeda : Minggu-Kamis jam 7 pagi-8.30 malam, Jumat jam 1 siang-7 malam, Sabtu jam 7 pagi-7 malam.

Tidak seperti yang kita bayangkan…ternyata prosedurnya sangat mudah jika kita ingin menyumbangkan darah di Kuwait, tinggal membawa Civil ID (KTP Kuwait) kemudian  diserahkan ke petugas yang ada di sebelah kiri pintu masuk,  yang kemudian dicek di system mereka, mengisi kuesioner yang disediakan dan bisa dipilih antara bahasa Inggris dan bahasa Arab. Setelah mengisi kuesioner tersebut, kita akan masuk ke ruang pengecekan tekanan darah dan Hb. Jika kita memenuhi syarat yang telah ditetapkan CBB yaitu Tekanan darah Sistolik (atas) 110-150 dan Diastolik (bawah) 70-90 juga Hb di atas 12,5 untuk wanita dan diatas 13,5 untuk laki-laki ditambah berat badan minimal 50 kg, InsyaAllah kita akan bisa menyumbangkan darah yaitu 480 cc .Jika hasil pengecekan tersebut kurang memenuhi syarat, maka kita akan dipersilahkan untuk menemui dokter untuk konsultasi yang kantornya persis di sebelah ruang pengecekan.

Di sebelah kantor dokter adalah ruangan pengambilan darah, biasanya waktu yang diperlukan adalah 5-25 menit,  kita rileks sambil minum jus yang disediakan  bisa juga browsing internet dari Hp. Untuk donor, bagi yang secara rutin bisa kembali lagi sekitar 4 bulan.

Memang donor secara kolektif dan bersama-sama akan terasa lebih bersemangat karena akan terlihat juga suasana kekeluargaan, untuk itulah Indonesian Moslem society membentuk kepanitiaan Donate For Life. Ibu-Ibu dari taklim Al Husna, Khairunnisa, Jahra, Al Haiza dan Al Kautsar berperan aktif terutama dalam penyediaan konsumsi bagi yang telah selesai mendonorkan darahnya. Yang hadir pun terlihat merata,  perwakilan dari semua kelompok masyarakat terlihat hadir baik dari FKMI, INNAK, PMIJ,IATMI, Aku Di Kuwait,  Komunitas Tehnisi Helicopter beberapa staff KBRI Kuwait pun terlihat hadir. Tercatat 96 orang calon pendonor dan 76 orang diantaranya mendonorkan darahnya. 20 orang diantaranya tidak lolos dikarenakan kurang memenuhi syarat yang telah ditetapkan pihak Blood Bank.
 
Terobosan baru dari pihak Takmir Masjid Indonesia yaitu program sosial yang bermanfaat untuk orang lain, berbagi dan saling membantu terutama buat si sakit yang sangat membutuhkan darah. Ditunggu program-program lainnya…(Ummu Ridho)
 
 
 
 

 

 

 
 
 
 

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com