Talbinah


Salah Satu Resep Herbal Thibbun Nabawi


Tabinah  adalah makanan lembut yang bermanfaat sebagai obat-obatan, terbuat dari tepung biji gandum utuh murni / jelai, ( Barley dalam bahasa Inggrisnya), yang merupakan salah satu jenis tanaman sereal ( hordeum vulgare). Disebut talbinah karena setelah dimasak, warnanya putih dan halus seperti susu. Talbinah merupakan salah satu dari resep-resep Thibbun Nabawi yang di rekomendasikan oleh Rasulullah Saw untuk pengobatan seputar masalah gangguan pencernaan atau lambung, gangguan kejiwaan (depresi), olahragawan, wanita hamil dan wanita menopause, serta anak-anak diatas usia 2 tahun (dalam referensi lain aman untuk bayi di atas 6 bulan). Tidak heran jika Talbinah / jelai / barley disebut sebagai super food, karena tidak hanya menyehatkan, tetapi bergizi tinggi untuk tambahan kekuatan dan energi, serta  mudah dicerna.
 
 
 
 
 
 
 
Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Talbinah dapat melegakan hati orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan. (H.R. Bukhari Muslim).  Di dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah adonan tepung hangat yg bermanfaat, yaitu sup talbinah”. Aisyah berkata, “Apabila salah seorang dari keluarga Rasulullah sakit, maka periuk akan senantiasa berada di atas tungku api hingga salah satu dari keduanya habis, maksudnya sembuh atau meninggal” (HR. Ibnu Majah).

 

Menurut ilmu kedokteran Islam, talbinah bermanfaat untuk membersihkan segala kotoran yang melekat didalam perut, sebagai anti inflamasi dan anti septic, serta  melembutkan mukosa usus besar, sehingga sangat dianjurkan untuk orang yang sakit perut atau iritasi lambung.

Talbinah  kaya akan serat pangan, karena kandungan energinya mencapai 249 kkal dalam setiap 100 gr. Bandingkan dengan kandungan energi dalam nasi (beras) dengan ukuran sama yang hanya 178 kkal. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, talbinah mampu mengikat asam empedu, membantu sempurnanya proses pencernaa makanan, meluruhkan lemak dan kolestrol, menstabilkan produksi asam lambung, secara alami, berfungsi sebagai antiemetic ( anti mual ), melancarkan urine dan feses, mengurangi dan mencegah masuk angin serta perut kembung atau sebah, serta mengobati semua gangguan lambung dan sakit maag dengan menstabilkan produksi asam lambung secara alami.

 

Khasiat lain dari talbinah adalah sebagai berikut:

1. Mengobati  penyakit kejiwaan, depresi dan stress

Kandungan gizi dan mineralnya seperti magnesium, antioksidan, zat besi, tembaga, niasin, asam folat, seng, mangan, potasium, dan vitamin ( B2 B5 E) dapat mereduksi penyakit gangguan kejiwaan seperti depresi dan stres. Situasi yang kekurangan kalium akan meningkatkan sensitivitas depresi pikiran manusia.

 

2. Mengobati penyakit Jantung dan menurunkan kolesterol:

Talbinah mengandung  Betaglucan yang mampu membakar kolesterol jahat di dalam tubuh dan luruh melalui pelepasan air kencing atau keringat. Tocotrienol nya juga mampu menghalangi enzymes yang bekerja memproduksi kolesterol dalam darah.

 

3. Menormalkan kadar gula dalam darah

Talbinah mengandung (Baktin) yang melebur dengan air, akan mengatur aliran gula dalam darah, mencegah peningkatan gula dalam darah, dan sangat baik untuk penderita diabetes.

 

4. Mengendalikan dan menormalkan tekanan darah.

Talbinah mengandung zat Potasium, yang berfungsi sebagai penyeimbang antara air dan garam ditubuh yang berpengaruh pada tekanan darah seseorang.

 

5. Membantu kerja ginjal

Keberadaan potassium 425 mg per 100 garam dari Talbinah dan air dalam sel, akan membantu produksi air seni.

 

6. Peradangan di perut, usus besar dan kandung kemih

Talbina akan  merangsang aktivitas di perut yang membantu membuang kelebihan, juga mengobati diare, memperkuat perut, memerangi penyakit tipus, demam, sembelit,dan peradangan pada kandung kemih, usus besar dan hati.

 

7. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Vitamin E dan A nya akan mencegah kerusakan trombosit dalam darah, juga mencegah perkembangan tumor dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan DNA dan dapat mencegah munculnya beberapa jenis kanker. Seratnya juga mampu mengikat zat-zat karsinogenik dalam tubuh.

 

8. Memaksimalkan fungsi hati / liver

Talbina dapat membuang kelebihan zat zat yang berbahaya dalam tubuh dan merangsang hati untuk mengeluarkan zat berbahaya yang tidak berguna di dalam darah, dan membantu mengeluarkannya dari empedu.

 

9. Meningkatkan vitalitas pada pria dewasa

Penurunan kesuburan umumnya berasal dari peningkatan gula darah dan ketegangan, kurang gizi, atau peradangan dari prostat. Talbina dapat mengatur gula darah, stres, gizi dan sistem saraf tubuh dan mengurangi peradangan pada prostat.

 

10. Mengobati Insomnia dan penyakit gangguan tidur.

Kandungan zat melatonin dan hormon Prostaglofuin dalam talbinah menjadikan normal metabolisme tubuh, sehingga memberikan efek tenang, dan tidur dapat berkualitas.

 

11.  Meningkatkan peoduksi hormone estrogen.

Kandungan fitoestrogen di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, sehingga wanita menjelang menopause, sangat dianjurkan mengkonsumsinya, dan sekaligus dapat mereduksi potensi penyakit jantung.

 

12. Sebagai makanan pada penderita stroke

Untuk menjaga pemulihan fungsi otak, maka diutamakan pemberian herbal dengan makanan lembut. Salah satu makanan lembut yang dapat diberikan pada penderita stroke adalah talbinah.

 

13. Meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Karena kandungan gizinya lebih banyak daripada tepungnya, maka talbinah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh laki-laki dan perempuan dari semua tingkatan usia.

 

Cara Penyajian:

Ambil 2-3 sendok makan tepung jelai / talbinah,  kemudian dimasak bersama 250 ml susu murni dengan api sedang. Ketika memasak talbinah, sebaiknya diaduk perlahan selama kurang lebih 10-15 menit dan setelah matang, yaitu membentuk bubur putih,  tuang talbinah ke dalam mangkuk dan diamkan hingga hangat. Diterangkan juga dalam kitab Thibbun Nabawi, untuk memperbaiki rasa, sebaiknya ditambahkan madu sesuai selera.

Untuk di Indonesia, talbinah bisa dibeli di apotik herbal. Sedangkan untuk yang di kuwait, bisa kita dapatkan di Markaz talbinah di Shuwaikh atau di toko kacang-kacangan tempat giling. Semoga bermanfaat untuk semua.

(Ummu Fathimah Zahra – disarikan dari berbagai sumber).

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com