MANFAAT BUAH KURMA



 

 

Buah kurma, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang berasal dari daratan Timur Tengah ini dengan rasanya yang manis alami, membuat buah ini seperti menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba.

Buah kurma adalah sejenis tumbuhan palma atau dikenal dalam bahasa saintifiknya sebagai Phonex Dectylifera yang berbuah dan bisa dimakan pada saat masak atau pun masih mentah.  Pohon kurma kebanyakan tumbuh dinegara Arab dan kawasan tanah yang kering.

 

Dikalangan masyarakat kita buah kurma sudah menjadi makanan yang digemari pada saat bulan Ramadhan, Rosulullah SAW bersabda "Jika salah seorang diantara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan kurma, sebab kurma itu berkah, jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air, karena air itu suci. (HR. Abu Daud & Tirmizi)"

 

Selain karena perintah Rosulullah, rasanya yang manis, tahan lama dan sangat mudah didapat pada bulan Ramadhan, Buah kurma juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan.  Bahkan di Malaysia kurma lebih populer sebagai obat untuk mengatasi masalah anak yang kurang berprestasi dalam belajar. 

Di Indonesia sendiri kurma sangat beragam jenisnya, mulai dari kurma medjol, sokhari, kurma Tunisia sampai kurma Ajwa atau kurma nabi, harga yang dijual pun sangat beragam, dari yang murah sampai yang berharga mahal. Hampir semuanya diimpor dari Negara Timur tengah juga Australia dan Amerika.

 

Lalu mengapa buah kurma sangat disarankan untuk makanan berbuka puasa...??

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan,buah kurma terbukti mengandung kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin.

 

KANDUNGAN NUTRISI DALAM BUAH KURMA

Para ahli nutrisi yang melakukan penelitian terhadap buah kurma menemukan bahwa buah kurma sangat cocok untuk menu diet.  Mereka menemukan dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori.

Sedangkan untuk setiap 100gr kurma (8-10 butir kurma) mengandung :

Karbohidrat : 73,5 g

Serat : 7,5 g

Gula : 66 g

Protein : 2 g

Lemak : 0,45 g

Calcium : 32 mg

Magnesium : 35 mg

Selenium : 1,9 g

Phosphorus : 40 mg

Potassium : 652 mg

Selain itu kurma jg mengandung Vit A, Vit.K, Vit B6, B kompleks dan 20 jenis asam amino.

 

 MANFAAT KURMA DALAM ILMU MEDIS

 

1.     Buah kurma kaya akan serat yang membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.

 

2.     Kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

 

3.     Kurma mengandung anti oksidan yang dikenal sebagai tenin yg bersifat anti infeksi anti inflamasi ( pembengkakan )

 

4.     Kurma sebagai sumber Vit A,yang dikenal memiliki anti oksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata.

 

5.     Kurma merupakan sumber zat besi. Besi adalah komponen dari hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah .

 

6.     Kalium dalam buah kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

 

7.     Kurma kaya akan Vit.K dan Vit. B komplek yang membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat,protein,dan lemak. Vit. K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

 

 

Manfaat kurma Ajwa

 

Kurma ini hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia) dan ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, warna hitam, tekstur lembut, Kurma ini tidak terlalu manis namun rasanya hampir mirip dengan kismis.

Ternyata pada kurma Ajwa ini ada manfaat yang lebih special bagi ibu hamil yaitu memberikan kemudahan dalam menjalani proses persalinan dan terhindar dari resiko pendarahan, karena dalam kurma mengandung banyak sekali nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, kalsium dan masih banyak lagi, dan yang paling signifikan adalah memberikan sang ibu kekuatan ketika proses persalinan

Hal ini diperteguh olah para ahli kedokteran bahwa unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang sangat berguna untuk membentuk dan menambah kandungan air susu ibu. Lebih dari itu, anak-anak balita pun dapat mengambil manfaat dari buah yang biasa tumbuh didaerah Arab ini. Dengan khasiat kurma ini, pertumbuhan anak-anak dan sumsum tulangnya akan berkembang dengan baik.

Cukup beralasan, bila Rasullah s.a.w menganjurkan bagi para isteri yang mengandung untuk makan buah kurma. Sabda Nabi, “Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri  kamu yang sedang hamil, karena isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (H.R. Bukhari)

 

Rosulullah SAW bersabda "Kurma itu menghilang kan penyakit, dan tidak membawa penyakit, ia berasal dari surga dan didalamnya terkandung obat.(HR.Bukhari)"

 

Selain itu buah kurma memiliki daging buah yang lembut dan berserat, berasa manis yang mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat disalurkan keseluruh tubuh menjadi energi. Kandungan gula dalam kurma bisa mengganti kan tenaga yang hilang setelah kita seharian berpuasa. Karena karakteristik tersebutlah kurma sangat cocok dan sangat disarankan sebagai makanan berbuka puasa.

 

Kalau kita lihat dari sabda Rosulullah diatas kita pasti tercengang karena Subhanallah Rosulullah telah menganjurkan umatnya yang berpuasa untuk berbuka dengan kurma, dan dijelaskan juga bahwa kurma mengandung obat, padahal jelas anjuran itu lama sebelum diadakannya penelitian-penelitian ilmiah tentang buah kurma itu sendiri, dan ternyata didalamnya ada segudang manfaat lainnya, tentunya ini semua merupakan petunjuk dan tanda dari kebesaran Allah SWT.

 

Oleh karena itu mari kita membiasakan diri untuk memakan kurma, saat berbuka dan sahur tentunya dilengkapi dengan menu makanan lainnya, insyaAllah semoga kita semua bisa tetap beraktifitas saat berpuasa Ramadhan dengan sehat dan bugar.Semoga bermanfaat..Wallahu a'lam bishawab.(Ukhti Atin)

2 comments:

ppob mengatakan...

wah ternyata banyak bgt yaa manfaat si buah manis itu..
thank'Z bgt ne infonya..

Febryan Paudi mengatakan...

Fakta menarik ttg buah kurma:

Buah kurma itu buah yannnng paling bersih dann aman, tidak butuh dicuci terlebih dahulu........
Padahal buah lain walaupun bersih dan mulus, banyak yang takut pestisida di kulitnnnya jadi dicuci dulu, ada juga yang dikupas dulu saking takutnya... hehehe
Kurma?? Langsung aja telat...

Kami mau ngasih tau aja kalau kami jual kurma date crown, klik http://berkhasiat.web.id/jualan/jual-kurma-datecrown/

~ atau langsung pesan kurma datecrown secara online ke nomor Ryan Isra 0813-80-262524 (WhatsApp/SMS/Telegram/Line)

Ada yang jenis lulu, khalas, khenaizi, dll.

Kunjungin juga situs online herbal kami www.berkhasiat.web.id utk produk2 lainnya.

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com