SEKILAS TENTANG MASJID INDONESIA DI KUWAIT & PROGRAM RAMADHAN 1434 H



Di awal tahun 2010 ketika warga negara muslim Indonesia di Kuwait semakin bertambah dan berkeinginan untuk melaksanakan sholat jum’at  dengan khutbah berbahasa Indonesia, maka muncullah ide dari sekelompok masyarakat muslim Indonesia di Kuwait  bekerjasama  dengan KBRI untuk merealisasikan ide tersebut. Sejak saat itu dimulailah sholat jum’at dengan khutbah bahasa Indonesia   yang berlangsung sampai beberapa bulan. Pada  pada saat yang bersamaan pihak IPC (Islam Presentation Committee Kuwait ) menawarkan untuk membantu pengajuan dan pengurusan sebuah masjid yang dapat dipakai sholat jum’at dengan khutbah bahasa Indonesia. Alhamdulillah dengan bantuan  dari IPC dan dukungan dari pihak KBRI Kuwait proposal yang diajukan ke Ministry of Awqaf  Kuwait diterima dan diberikan Masjid Saho Al Muthairy di New  Riggae sebagai Masjid Indonesia pertama di Kuwait yang diresmikan oleh  Duta Besar RI Bapak Prof. Dr. Faisal Islmail pada tanggal 23 April 2010.

Setelah beberapa kali mengadakan Sholat Jumat dengan khutbah berbahasa Indonesia di Masjid Saho ini, ternyata ada perkembangan baru yaitu adanya keinginan untuk mengajak keluarga Sholat Jumat bersama sedangkan masjid ini belum ada tempat sholat untuk wanita. Sekali lagi permohonan diajukan ke Ministry of Awqaf  dan akhirnya Masjid Indonesia berpindah ke lokasi baru yaitu Masjid yang berlokasi di komplek Public Authority for Youth and Sport Riggae sampai sekarang yang dilengkapi dengan tempat sholat untuk wanita dan sampai saat ini juga berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat muslim Indonesia di Kuwait.

Dari tahun  2010-2013 cukup banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Takmir Masjid Indonesia ini, yang pada intinya kegiatan terbagi atas  3 macam yaitu kegiatan keagamaan di Kuwait, program dari Kuwait dan pelaksanaan  di Indonesia  dan program bantuan untuk luar negeri seperti di Gaza dan Syria. Untuk kegiatan rutin di Kuwait adalah sholat jumat dengan khutbah berbahasa Indonesia yang secara bergantian diisi oleh 3 orang Imam dan Khotib yang telah lulus ujian di Ministry of Awqaf. Kegiatan rutin lainnya adalah Pengajian Remaja Masjid (mingguan), MABIT (Malam bina Iman dan Takwa–bulanan), juga kegiatan tahunan di bulan Romadhon seperti  KISB (Kajian Islam Sebelum Buka), Iftar Jamai, Qiyamul Lail dan sahur bersama di 10 hari terakhir Ramadhan, Sholat Eid (Idul Fitri + Idul Adha), pengumpulan zakat fitrah dan maal, juga ada beberapa acara yang diselenggarakan oleh takmir masjid Indonesia seperti dongeng anak Islami dan donor darah.

Selain kegiatan di dalam Kuwait, Masjid Indonesia juga melaksanakan program-program yang pelaksanaannya dilakukan di Indonesia seperti pembagian Paket Sembako secara rutin di bulan Ramadhan, yang jumlahnya mencapai 25 juta dan dibagikan di beberapa tempat di Indonesia, Penyembelihan Hewan Qurban  dan tahun kemarin 26 ekor kambing telah disalurkan di Indonesia, Penggalangan Dana untuk korban gunung Merapi, Tsunami serta banjir Wasior, juga banjir Jakarta yang berhasil mengumpulkan dana cukup besar dari masyarakat Indonesia di Kuwait dan telah disalurkan langsung ke lokasi kejadian. Program unggulan lain dari Takmir Masjid Indonesia yang berlangsung rutin sampai sekarang adalah santunan untuk anak yatim, beasiswa anak kurang mampu dan santunan untuk lansia yang besarnya 5 kd/orang/bulan.  Sampai saat ini Masjid Indonesia telah memberikan santunan rutin untuk  65 anak yatim dan  25  beasiswa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, khusus di bulan Ramadhan 1434 H ini Takmir Masjid Indonesia akan menyelenggarakan beberapa program antara lain:

1.     TARHIB RAMADHAN  yang InsyaAllah akan diselenggarakan menjelang bulan Ramadhan di Masjid Indonesia.

2.     PENGGALANGAN DANA SEMBAKO  5 kd/paket. Seperti biasa akan dibagikan oleh beberapa anggota takmir Masjid yang sedang cuti di bulan ramadhan, setiap keluarga kurang mampu akan mendapatkan paket sembako senilai 150 rb dan di ramadhan tahun kemarin telah terkumpul total sekitar 700 kd dan dibagikan di 5 tempat di Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia yang berminat untuk berinfaq dengan program paket sembako ini bisa menghubungi koordinator: Bpk Wahyono (hp:66384700) waktu pengumpulan sampai tgl 19 Juli 2013.

3.     SANTUNAN UNTUK ANAK YATIM, BEASISWA DAN LANSIA sebesar 5 kd/orang/bulan. Setiap donatur yang berminat akan memberikan santunan selama 1 tahun dan bisa diperpanjang sesudahnya. Pembayaran dilakukan setiap 3 bulan sekali dan akan diberikan laporan rutin oleh koordinator program ini. Sampai saat ini sekitar 90 orang anak  yatim/beasiswa yang tinggal di Indonesia telah terbantu dengan program ini. Bagi yang berminat masih dibuka kesempatan dan bisa menghubungi koordinator: Bpk Rulyanto (hp:67059046).

4.     KAJIAN RUTIN DAN IFTAR JAMAI 2 KALI SETIAP PEKAN DI BULAN RAMADHAN YAITU DI HARI JUMAT DAN SABTU. Kajian dimulai jam 5 sore dan berakhir menjelang adzan maghrib dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Bagi kelompok-kelompok masyarakat atau perseorangan yang berminat untuk menyediakan makanan untuk berbuka bisa menghubungi koordinator program ini yaitu Bpk Suhardi (hp:65536359).

5.     I’TIKAF, QIYAMUL LAIL DAN SAHUR  BERSAMA PADA 10 HARI TERAKHIR RAMADHAN. Qiyamul lail di Masjid Indonesia dimulai jam  1 pagi dengan susunan program sholat malam, kultum, sholat witir dan sahur bersama. Ditutup dengan sholat subuh berjamaah. Untuk keterangan selengkapnya, juga bagi yang berminat untuk menyediakan sahur bisa menghubungi koordinator : Bpk Suli Hamdani (hp:66564235)

6.     PENGUMPULAN  ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAAL. Zakat Fitrah berupa beras 2,5 kg atau uang 1,5 kd. Pengumpulan zakat fitrah dan zakat maal waktunya hingga sehari sebelum Idul fitri. Koordinator : Bpk Wahyono (hp:66384700).

7.     SHOLAT EIDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H dengan khutbah eid berbahasa Indonesia di Masjid Indonesia komplek Public Authority for Youth and Sport dekat Omooma Hospital Reggae–Kuwait.

InsyaAllah ke 7 program di atas akan terlaksana dengan baik dengan bantuan dan peran serta dari seluruh warga muslim Indonesia di Kuwait. Marhaban Ya Ramadhan…Mari kita jadikan bulan Ramadhan tahun ini sebagai bulan ibadah  untuk peningkatan kualitas diri menjadi orang orang yang muttaqin dan syahrul infaq yaitu menumbuhkan kembali jiwa berinfaq dengan harta yang dititipkan Allah kepada kita...Insya Allah.(Ummu Ridho)




 

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com