“ HABBATUS SAUDA “ Si Biji Hitam Yang Kaya Manfaat


Habbataus Sauda (Nigella Sativa)  saat ini semakin dikenal oleh masyarakat sebagai obat yang mujarab. Semangat kembali ke obat herbal dan menjauh dari obat  obat kimia yang telah terbukti banyak memberikan efek samping maupun ketergantungan membuat orang orang semakin akrab dengan herbal yang satu ini. Ciri herbal adalah alami, tanpa efek samping, menjadikan tubuh sebagai subjek untuk melawani penyakit sehingga efektif digunakan sebagai pencegahan datangnya penyakit.

 
Habbatus Sauda juga merupakan obat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti termuat dalam salah satu hadist :“Hendaklah kalian menkonsumsi Habbatus Sauda karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala macam penyakit kecuali kematian”. Di dalam Kitab At Tibbun Nabawi (pengobatan cara nabi) yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Habbatus Sauda yang dikenal juga sebagai Al Habbah Al Barakah, disebutkan bahwa Habbatus Sauda dapat mengobati sekitar 50 penyakit tanpa efek samping.

Apakah Habbatus Sauda itu?

Habbatus Sauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di Utara Afrika, Asia dan jazirah Arab. Nama ilmiahnya adalah Nigella Setiva. Berbatang pendek, tingginya 50 cm. Bijinya berukuran kecil dan pendek (panjang 1-2 mm) warna hitam, berbentuk trigonal, memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada. Karena bentuknya berupa biji kecil-kecil berwarna hitam maka orang Arab menamakannya Habbatus Sauda yang berarti biji hitam. Biji yang kecil ini ternyata mengandung berbagai zat yang sangat diperlukan oleh tubuh.  

 Kandungan Nutrisi dalam Minyak Habbatus Sauda


Minyak Habbatus Sauda’ mengandung lebih dari 100 macam zat aktif yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya:
- Alanine, Arginine, EFA (Essential Fatty Acid), Crystalline Nigellone, Linolenic (Omega 3), Linoleic (Omega6), 15 Amino Acids, Protein, Carbohydrate, Volatile Oils, Alkaloids, Saponin Crude Fiber;
Minerals: calcium, iron, sodium, magnesium, selenium, potasium, zinc, carotene, niacin;
Vitamins: A, B1, B2, B6, C, E.
Asam lemak : asam linol, asam minyak, asam palmitin, asam stearin, asam myristin, asam arachin, asam palmitolein, asam gamma-linolen, asam eicosen.

 

Beberapa  Khasiat Habatussauda :

 
1. Menguatkan sistem Imun.
Habbatus sauda mampu meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich mengakui bahwa ekstrak habbatus sauda berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat dijadikan obat bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti Kanker dan AIDS.
2. Anti tumor
Pada kongres kanker internasional di New Delhi, minyak habbatus sauda diperkenalkan ilmuwan dari laboratorium Kanker dan Imunologi, California Selatan. Habbatus sauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.
3. Anti alergi
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma. Dari minyak habbatus sauda dapat diisolasi ditymoquinone. Senyawa pada minyak yang volatil (mudah menguap) ini disebut nigellone. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma. Penelitian yang dilakukan Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan bahwa kristal dari nigellone memberikan efek supressive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protekinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Penelitian lain membuktikan hal serupa. Ahli imunologi dari Universitas Munich Dr. Med Peter Schleincher melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat dan asma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatus sauda).
4. Meningkatkan Konsentrasi dan daya ingat
Habbatussauda memiliki kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang mampu meberikan nutrisi bagi sel otak. Nutrisi ini berguna untuk meningkatkan kecerdasan serta daya ingat. Habbatus sauda juga dapat membantu memperbaiki peredaran darah ke otak.
5. Meningkatkan bioaktivitas hormon
Salah satu kandungan habbatus sauda adalah sterol yang berperan aktif pada sintesis dan bioaktivitas hormon. Hormon merupakan zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah.
6. Menetralkan racun
Habbatus sauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Racun dapat mengganggu metabolisme dan mengurangi fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Keracunan dapat menimbulkan gejala berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan daya konsentrasi yang menurun. Dengan rajin mengkonsumsi habbatus sauda, gejala-gejala ini dapat dikurangi.
7. Mengatasi gangguan tidur dan stress
Saponin yang terdapat di dalam habbatus sauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.
8. Memperbaiki saluran pencernaan dan sebagai anti bakteri
Habbatus sauda mengandung minyak atsiri dan volatil yang bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan bahwa minyak volatil dari habbtaussauda lebih mampu membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetraciclin.
9. Melancarkan ASI
Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian mengenai ini dipublikasikan dalam literatur penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.
10. Nutrisi bagi manusia
Habbatus sauda kaya dengan kandungan nutrisi, bagi lansia dapat menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun. Habbatus sauda juga mengandung 15 macam asam amino termasuk di dalamnya 9 asam amino essensial. Asam amio essensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya seperti habbatussauda.

 

Cara mendapatkan Habbatus Sauda :

- Bisa didapatkan dalam bentuk aslinya berupa biji – biji hitam di dalam kemasan plastik yang banyak terdapat di toko-toko besar maupun kecil.

- Dalam bentuk kapsul suplemen yang praktis bisa langsung diminum setiap hari baik tersedia untuk dewasa maupun anak anak.

- Dalam bentuk ekstrak minyak (blackseed oil) dengan dosis seperti yang tertulis di label kemasannya.
Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan dalam hadistnya khasiat Habbatus Sauda kurang lebih 1400 tahun yang lalu dan kini dengan penelitian-penelitian ilmiah telah membenarkan hadist tersebut.Subhanallah..begitu banyaknya khasiat Habbatus Sauda yang telah kita ketahui. Tunggu apa lagi…mari kita mulai pengobatan dengan obat Tibbun Nabawi yang tanpa efek samping. Selamat mencoba…InsyaAllah dengan ijin Allah dan usaha kita sebagai manusia kita akan hidup lebih sehat. (Ummu Ridho – dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com