SERIAL ALIF - ASYIKNYA BERKEMAH



 
 
Bagaimana sudah siap semua !," tanya kak Jamal sambil menata barang di mobil. "Sudah kak," jawab Alif dan teman- temannya. "Jangan ada yang ketinggalan ya," Mereka pun masuk ke dalam mobil, siap untuk berangkat berkemah seperti yang sudah mereka rencanakan dua minggu lalu. "Sekarang kita bersama-sama membaca doa naik kendaraan." Taufan pun membaca doa dengan diikuti yang lain, " Sub_haanal ladzii sakh-khoro lanaa haadzaawamaa kunnaa lahuu muqriniinwa innaa ilaaa robbinaa lamunqolibuun." Anak- anak pun terlihat senang.

Setelah sekitar setengah jam, jalanan mulai menanjak ke perbukitan Alif bertakbir "Allahu akbar, Allahu akbar." Badu yang duduk di sampingnya heran, "Eh, Lif kamu bermimpi ya, jam segini adzan ha... ha..." Alif menoleh ke arah Badu, "Kamu tidak melihat jalannya menanjak." Badu tambah keheranan, "Memangnya ada yang salah, biasakan kalau jalan menuju perbukitan akan menanjak." Kak Jamal yang mendengarkn dari tadi tersenyum sambil berkata, " Begini, Rasulullah mencontohkan kepada kita untuk senantiasa berdzikir saat berkendaraan, jika jalan naik kita mengucapkan Allahu akbar, kalau jalan menurun mengucap Subhanallah.. Anak-anak mengangguk serius mendengar penjelasan kak Jamal.

"Nah, di depan sana kita akan berkemah, gimana?," tanya kak Jamal sambil menunjuk tempat dekat sungai di kaki gunung. "Masya Allah, bagus sekali," seru Taufan takjub. "Ayo, semua turun, kita sudah sampai, jangan lupa barang-barang kalian diturunkan dan dikumpulkan di sini ya," perintah kak Jamal yang diikuti oleh Alif dan kawan-kawan. "Wah, bagus sekali, yuk kita ke sungai berenang," ajak Badu sambil berlari menuju sungai. "Eh, Badu kembali ke sini, jangan pergi sendiri, dengarkan dulu arahan dari kak Jamal sebagai pemimpin kita." Kak Jamal memanggil mereka.,"Ya, kalian semua ke sini, sekarang kita akan mendirikan tenda, nah setelah mendirikan tenda dan menyimpan barang-barang kalian, nanti sore kita belajar berenang bersama di sungai, gimana, setuju..?"Alif dan teman-teman bersorak gembira. 
"Kakak minta bantuan Badu mengatur teman-teman dalam menyelesaikan beberapa tugas ya, siap Du?" Badu pun dengan berdiri tegap berkata, "Siap kak, laksanakan." Lalu Badu pun mulai membagi tugas ke teman-temannya. "Alif, dan Ahmad bertugas untuk mendirikan tenda, Taufan menata barang-barang, ok semua." Alif, Ahmad dan Taufan berdiri memandang ke arah Badu, mereka serempak bertanya, "Dan….kamu tugasnya apa dong?" Badu menjawab, "Lho aku kan ketua kalian menggantikan kak Jamal yang sedang memeriksa keadaan, jadi tugasku mengawasi kerja kalian." Alif dan teman-teman geram memandang Badu, "Ooooo……tidak bisa, kamu harus membantu kami." Hampir saja mereka bertengkar, untung kak Jamal segera datang, mereka pun menceritakan apa yang terjadi. "Begini," kata kak Jamal. "Kakak ingin bercerita tentang kisah Rasulullah bersama sahabat-sahabatnya saat menyembelih kambing, para sahabatnya sudah membagi tugasnya masing-masing, ada yang menyembelih, menguliti, memotong dan memasaknya. Lalu Rasulullah berkata, "Aku akan mengumpulkan kayu bakarnya." Dan para sahabatnya menjawab,"Tidak usah ya Rasulullah kami akan mengerjakan semuanya." Tapi Rasulullah menjawab, "Aku tahu kalian akan mengerjakannya, tapi aku tidak mau berbeda dengan kalian." Yang artinya Rasulullah tidak mau duduk-duduk saja saat sahabat-sahabatnya sibuk bekerja. Nah……sekarang pelajaran apa yang kalian dapatkan?” Serempak Alif dan teman-teman menjawab, "Pelajarannya adalah….Badu harus mencari kayu bakar untuk membuat api unggun nanti malam, gimana…setuju?" Semua tertawa melihat Badu yang lari sambil nyengir mencari ranting-ranting pohon di sekitar kemah.(Kak U'Ya

0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com