GATHERING BERSAMA AL HUSNA 2013




Kuwait is beautiful…Indahnya panorama Kuwait akan  terlihat di bulan Oktober - November…Spring Season. Di bulan – bulan ini aktifitas outdoor banyak dilakukan, karena selain cuacanya yang nyaman , banyak fasilitas umum yang tersedia  mulai dari yang free seperti di taman-taman kota dan pantai  lengkap dengan tempat bermain anak, futsal dan barbeque sampai tempat rekreasi dengan sarana yang cukup lengkap dengan tiket masuk. Salah satu alternative tempat rekreasi yang cukup unik dan menarik di Kuwait adalah tenda-tenda yang didirikan di lokasi tertentu di padang pasir yang lebih terkenal dengan sebutan Camping Area.

Di Kuwait, biasanya di awal bulan November sampai Maret banyak  terlihat tenda-tenda yang berdiri  berkelompok di padang pasir,  jika kita masuki akan terlihat jelas perpaduan antara tradisi jaman dahulu dengan sekarang. Sekelompok tenda tersebut terdiri dari dua tenda besar tempat berkumpul, tenda-tenda kecil untuk tidur dengan listrik yang berasal dari generator, kamar mandi / WC dengan atap alumunium tapi berlantaikan semen, WC dengan sistem flushing toilet, juga dapur yang dilengkapi kompor gas dan tempat memasak yang cukup lengkap, bahkan sebagian terdapat fasilitas satellite dan tempat bermain anak  seperti ayunan  sampai model tempat bermain yang memakai gas dengan warna-warni. Terlihat juga unta, kuda dan buggy untuk dinaiki, Di area di sekitar tenda kita bisa juga bermain  sepak bola, volley ball  dan layang layang dengan nyaman.

Di penghujung tahun 2013 ini, Keluarga besar Al Husna  mendapatkan kesempatan untuk Rihlah bersama keluarga di salah satu camping area di daerah Kabd atas undangan dari salah satu anggota Al Husna sebagai pemilik tenda  sehingga bisa dipakai untuk  acara Gathering bersama Al Husna 2013.  Acara berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 30 November 2013. Lebih dari 200 orang hadir terdiri dari keluarga besar Al Husna dan beberapa undangan.

Karena jarak Kabd Camping Area yang lumayan jauh, peserta berkumpul di Reggae jam 8 pagi dan berangkat bersama sama ke area. Konvoi mobil yang cukup panjang menarik perhatian, hingga mencapai daerah Kabd yang memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi. Masing-masing mobil membawa perbekalan sesuai dengan tugasnya yang memang diperlukan untuk sarapan dan makan siang di sana. Bahkan tidak ketinggalan juga meja untuk menata makanan, speaker untuk taushiyah, peralatan games dan hadiah untuk semua anak juga hadiah games lengkap disiapkan khusus untuk acara gathering kali ini. Berkat kerjasama yang bagus dari semua anggota Al Husna, persiapan acara Gathering al Husna kali ini berjalan cukup lancar dan semua terlihat bersemangat saling membantu.

Ketika rombongan sampai di lokasi  Gathering, anak-anak langsung bergembira bermain dengan balon mainan yang disediakan tuan rumah, bapak-bapak mempersiapkan tempat acara untuk taushiyah dan ibu-ibu sibuk mempersiapkan makanan untuk sarapan bersama.
Acara dibuka oleh MC Abu Rifqi  sekitar jam 9 pagi di tengah area camping, dengan duduk beralaskan tikar diawali dengan alunan Tasmi Al Quran oleh ananda Faris, ucapan terima kasih disampaikan oleh Abu Ridho mewakili Al Husna atas kehadiran dan peran sertanya di acara ini,dilanjutkan dengan taushiyah tentang pentingnya bersyukur kepada Allah disampaikan oleh Abu Ahmad dari Jahra, dan ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Abu Azzam.

Session kedua adalah pembagian 20 doorprize yang disediakan oleh Masjid Kabir Kuwait yang dipandu oleh Abu Fatimah.  Akhirnya acara yang ditunggu tiba, sarapan bersama dengan makanan yang disediakan oleh akhwat/ummahat Al Husna.  Menu berbagai macam kue yang dibuat di rumah, minuman hangat dan tidak ketinggalan sarapan khas Kuwait khubus dengan telur rebus dan cheese menambah special acara sarapan.

Menginjak program selanjutnya adalah berbagai games yang telah dirancang oleh panitia kecil Al Husna. Games pertama dirancang khusus untuk keluarga yang  melibatkan seluruh anggota keluarga . Di sini ibu-ibu mengajari anak tentang Asmaul Husna, anak  menghafalnya untuk disampaikan kepada ayahnya. Bagi siapa yang mengingat Asmaul Husna paling banyak, dialah pemenangnya. Games kedua adalah  untuk bapak-bapak, yaitu lomba memakai  kelompen panjang yang dipakai oleh 3 orang berjalan secara bersamaan, kelompok yang berhasil mencapai garis finish duluan ..adalah pemenangnya. Lomba ini cukup unik karena jika peserta kurang kompak berjalan bareng dengan akan terjatuh  dengan semua anggota kelompoknya.  Tidak kalah seru juga adalah games untuk ibu-ibu. Lomba mencicipi masakan dan menebak bumbu yang ada didalamnya. Beranggotakan lima orang ibu-ibu, setiap kelompok menulis bahan dan bumbu  di dalam masakan yang disediakan panitia.

Di saat yang lain mengikuti games, di bagian lain terlihat cukup sibuk yaitu seksi konsumsi. Sebagian sibuk membakar sate kambing, ayam panggang maupun sate sosis untuk anak,  yang berada di dalam tenda memotong lontong dan yang di luar mengatur penyajian makanan di atas meja. Cukup kompak, bekerja sambil berbincang dan bergembira…tanpa ada perasaan sedih karena tidak bisa menonton games. Sedangkan ibu-ibu muda yang mempunyai bayi di bawah 1 tahun berkumpul di dalam tenda yang sama, sebagian  menyusui bayi, sebagian lain berusaha menidurkan bayinya.  Cukup unik karena wangi minyak kayu putih terasa di tenda yang satu ini..tenda khusus untuk bayi.

Saat adzan dhuhur berkumandang, semua aktifitas dihentikan, para bapak menuju tenda terbuka yang disediakan untuk sholat. Walaupun lokasi perkemahan di padang pasir, tapi pasokan air dari tanki yang ada di area tenda  lebih dari cukup untuk dua kamar mandi yang disediakan dan wastafel untuk berwudhu bapak-bapak maupun ibu-ibu. Bapak-bapak sholat berjamaah di tenda terbuka, sedangkan ibu-ibu cukup di dalam tenda.

Games dilanjutkan dengan berbagai lomba anak secara kelompok. Hari itu yang paling terlihat bergembira adalah anak-anak, bisa bermain sepuasnya dan semua anak mendapatkan hadiah dari Al Husna. Sampai pada saatnya makan siang bersama. Menu lengkap ala Indonesia lontong sayur, ayam panggang, sambal terasi tidak ketinggalan juga bakso dan sate kambing melengkapi meja makanan yang disediakan.


Sebuah program  menarik, yang menitikberatkan kebersamaan, ukhuwah, sillaturrahmi dari semua yang hadir. Lengkap dengan siraman rohani dan jasmani. Koordinasi yang baik dari semua anggota sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar sampai berakhirnya acara. Juga sambutan dari tuan rumah pemilik tenda yang cukup hangat dalam menyambut keluarga besar Al husna di lokasi. Semoga acara yang dikemas lengkap seperti Gathering ini berjalan rutin setiap tahun karena banyak manfaat yang bisa diambil. Bravo Al Husna…Uhibukumulloh (Ummu Ridho)


0 comments:

Posting Komentar

 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com