LADIES DAY








Menjadi Wanita Indonesia Yang Terampil Dan Sukses”

“Ibu adalah sekolah yang pertama, jika kita mempersiapkannya dengan baik maka berarti mempersiapkan generasi yang baik.” Kalimat di atas adalah sebait syair yang sering kita dengar dan artinya telah kita pahami. Peran seorang ibu dalam sebuah keluarga adalah sangat penting, untuk menjadikan sebuah keluarga yang kokoh, harmonis dan demi terjaganya eksistensi keluarga sebagai pemakmur bumi dan estafet generasi.
Untuk mencapai hal tersebut di atas, Bidang Perempuan PIP PKS Kuwait dengan beberapa misinya antara lain terbentuknya wanita yang sholihat, alimat dan azimat yaitu wanita yang bertaqwa, cerdas dan professional mengadakan satu acara yang bertajuk : Ladies Day – Membentuk Wanita yang Terampil & Sukses.

Acara berlangsung hari Kamis tanggal 13 Maret 2014 bertempat di Qadsiya- Kuwait. Ada empat program unggulan dari acara tersebut yang semuanya adalah untuk meningkatkan keilmuan dan ketrampilan  wanita Indonesia yang tinggal di Kuwait diantaranya Ilmu tentang Gizi Keluarga, Praktek Pembuatan Power Point Presentation & Flyer Kegiatan, Ilmu tentang Kecantikan Alami beserta praktek Facial & Cream bath, dan Praktek Membuat Hiasan Nasi Tumpeng.

Walaupun acara dimulai lebih lambat dari yang direncanakan, tetapi tidak mengurangi animo dan antusias pengunjung. Sekitar 100 orang hadir meramaikan acara ini. Dimulai dengan tilawah Al qur’an dan terjemahannya, kemudian sambutan dari ketua panitia dilanjutkan dengan pemutaran film tentang “Ibu” yang berdurasi sekitar 10 menit berisi tentang pentingnya seorang Ibu dalam sebuah keluarga, fim ini berhasil menyedot perhatian hadirin.

Menginjak presentasi pertama adalah Cara Membuat slide presentasi dengan  Power Point dan Flyer kegiatan yang disampaikan oleh Ibu Nursyamsiah, lulusan dari IPB dan telah lama berkecimpung di dunia Pendidikan  Penjelasan yang singkat dan padat membuat kita faham bahwa ternyata dengan kemampuan sedikit tentang komputer kita juga bisa membuat slide presentasi yang menarik dengan PowerPoint dan membuat  flyer/iklan  dengan MS Word atau Ms Publisher, asal ada kemauan untuk mencoba dan dengan latihan rutin kita akan biasa.

Presentasi kedua dimulai setelah acara pantun yang menarik, bersama Mbak Astini seorang Nurse yang juga Alumni sekolah kecantikan Sari Ayu Martha Tilaar, dengan mengusung tema” Perawatan Kecantikan Standar (PKS) . Setelah penjelasan  teori tentang Perawatan Kecantikan Wajah dari mulai cara facial dan tahapan-tahapannya, gerakan/pemijatan dan fungsi-fungsi gerakan saat facial yang benar sampai dengan ramuan yang bagus untuk perawatan kecantikan wajah, di jelaskan dengan santai dan menarik, kemudian  dilanjutkan dengan praktek Facial sambil di putarkan  film  tentang perawatan wajah tersebut di screen yang telah dipersiapkan. Ternyata tanpa perlu pergi ke salon kecantikan, kita bisa merawat kulit kita dengan perawatan di rumah sehingga akan menghemat waktu, tenaga dan uang.

Perawatan rambut juga dijelaskan secara detail disini sambil di putarkan film cara creambath. diawali  tentang penjelasan fungsi dan jenis-jenis rambut, cream untuk cream bath dll. Ditutup dengan praktek cream bath yang ternyata bisa kita lakukan secara sederhana di rumah. Sangat bermanfaat,

Acara dilanjutkan dengan materi tentang Konsep Hidup Sehat yang dibawakan oleh Ibu Diana L Handayani, Ir . Beliau lulusan Food Technology UGM dan Marketing Standart Chartered UK. Di jelaskan tentang gizi yang diperlukan tubuh dari masa balita, remaja, dewasa sampai lansia. Disambung dengan sistem metabolisme tubuh dan teori seputar lemak. Yang tidak kalah menariknya adalah saat penjelasan tentang 12 jenis makanan yang dikonsumsi Rosululloh SAW yang ternyata kedua belas makanan tersebut semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh dari berbagai segi yaitu antioksidan, sumber energi, mencegah hipertensi, anti aging dan masih banyak lagi manfaatnya. Subhanallah. Sebenarnya bahan materi cukup lengkap untuk dipresentasikan, tetapi mengingat waktu yang terbatas  sehingga pertanyaan-pertanyaan  dari peserta di tanyakan langsung melalui sms ke Ibu Diana.

Dan puncak acara dari Ladies Day ini adalah Praktek Menghias Nasi Tumpeng yang dipandu langsung oleh Bunda Hamzah,  pemilik chef Hamzah Catering yang kemahiran memasak dan tampilan masakannya sudah tidak diragukan lagi. Beberapa Kedutaan Besar Negara Asean di Kuwait adalah pelanggan rutin Hamzah Catering. Sambil mempraktekkan cara menghias nasi tumpeng ukuran besar diadakan juga lomba menghias nasi tumpeng yang diikuti oleh 8 group dengan beranggotakan 5 orang. Bertemakan “Cinta, Kerja dan Harmoni”, setiap peserta siap berlomba, panitia menyediakan  nasi tumpeng, beragam jenis sayuran untuk menghias beserta alatnya, juga menu pelengkap tumpeng seperti rendang, urap sayur, bihun goreng, perkedel kentang, telur dadar dan ayam goreng. Ternyata setiap kelompok mempunyai kreasi yang berbeda dan tampilan hasil akhir tumpeng semua cantik dan menarik. Dari ke 8 peserta dipilih 3 terbaik dan mendapatkan hadiah yang disediakan. Dan kejutan diberikan oleh peserta yang beranggotakan anak anak berusia 10 – 14 tahun yang ternyata sangat kreatif dan perpaduan hiasan yang bagus sehinga berhak mendapatkan hadiah pertama.

Sebelum ditutup dengan acara makan malam bersama, ada beberapa acara yaitu penyerahan nasi tumpeng special untuk bapak-bapak yang telah banyak membantu terselenggaranya acara ini dan bersedia stand by di luar gedung untuk  menunggu para istri yang sedang mengikuti acara. Juga pemberian piagam ucapan terima kasih kepada para penyaji dan penyerahan piagam secara simbolik kepada semua peserta acara ladies day.
Alhamdulillah, program pertama Bidpuan PIP PKS Kuwait ini berlangsung cukup meriah dan sukses, berkat adanya dukungan semua pihak dan tak kalah pentingnya adala support dari para bapak – bapak dari persiapan tempat, alat dan sound system sebelum acara berlangsung. Jazakmulloh khoiron katsiiroo kepada semua pihak yang telah banyak membatu kelancaran acara ini. InshaAllah akan hadir kembali program kedua yang lebih bermanfaat untuk kita para wanita. (Ummu Ridho)
 
Buletin Al Husna diterbitkan oleh Forum Kajian Muslimah Kuwait - Al Husna - . Penasehat: Latifah Munawaroh,MA Penanggung jawab: Ummu Ridho, Redaktur pelaksana: Ummu Yahya, Ummu Rafi, Ummu Sumayya, Ummu Fathima Zahra, Ummu Hukma, Ukhti Fatma, Lay out: Ukhti Noor, Ummu Nizar, Keuangan: Ummu Azmi, Bagian Produksi: Ummu Abdurahman. Distributor: Ukhti Lucy (Al Husna), Mbak Diana Lestari (Khairunnisa), Ummu Ahmad (Jahra), T’Eva Amalia (Al-kautsar), Ummu Thoriq (Al Haiza) . Bagi yang ingin mendapatkan buletin ini Hubungi: Al Husna :+965 67786853 - Email : alhusnakuwait@gmail.com